BeritaHukum & KriminalSumedang Majalengka

Terdesak Kebutuhan Ekonomi, Sopir Angkot Nekat Curi Kotak Amal

JURNALSUMA.COM.,MAJALENGKA – Seorang sopir Angkutan Kota (Angkot) asal Kuningan nekat mencuri kotak amal di sebuah Mushola di Desa Cibunut, Blok Neglasari, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Menurut keterangan Kapolsek Argapura IPTU Agus Purwanto, kasus pencurian kotak amal yang terjadi di wilayah hukum Polsek Argapura dilakukan oleh seorang sopir angkot, trayek Kuningan Kota – Kadu Gede. Pelaku nekat mencuri kotak amal tersebut karena faktor ekonomi dan tidak bisa mencukupi uang setoran dari angkot karena sepinya penumpang saat pandemi Covid-19.

“Karena sepi penumpang dia tidak bisa memenuhi kebutuhan dan uang setoran untuk majikannya kurang, sehingga inisiatif sendiri mencuri kotak amal,” kata Agus kepada Jurnalsuma Jum’at (11/6/2021).

Pelaku yang berinisial WI, kata Agus, merupakan warga Desa Ciherang, Kecamatan Kadugede, Kabupaten Kuningan. Pelaku di ketahui sudah melakukan aksinya yang kedua kali di Mushola yang sama karena merasa aman saat akan melancarkan aksinyanya.

“Aslinya dari Kuningan dan dia sengaja melakukan aksinya yang kedua kalinya di tempat yang sama, uang yang berhasil di gondol dari kotak amal nominalnya cukup banyak,” katanya.

Kapolsek Argapura menuturkan, modus yang dilakukan pelaku berpura pura salat terlebih dahulu dan setelah yakin situasi aman kemudian mencongkel gembok kotak amal dan mengambil isinya. Warga yang mengetahui isi kotak amal hilang setelah adanya angkot yang berhenti di depan Mushola kemudian beramai ramai mengintip saat angkot yang sama ada di depan Mushola.

“Warga yang curiga akhiranya berhasil memergoki aksi pelaku dan berhasil mengamankannya yang sebelumnya sempat berusaha melarikan diri sampai ke Desa Tejamulya,” ucapnya.

Atas perbuanya kini pelaku diamankan di Polsek Argapura dan untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya pelaku dijerat Pasal 363 ayat 1 ke 5 KUHP dengan ancaman hukuman penjara maksimal 7 Tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button