BeritaHeadlineSumedang

Ratusan Warga di Sumedang Rela Antre Demi Dapatkan Sembako Murah

JURNAL SUMA.COM., SUMEDANG – Ratusan warga menyerbu Gerakan Pangan Murah yang digelar di Alun-alun Sumedang Jawa Barat, Kamis (13/6/2024) pagi. Gerakan pangan murah digelar, dalam rangka stabilisasi pasokan serta harga pangan jelang Hari Raya Iduladha, ditengah mahalnya harga sejumlah bahan pokok terutama beras.

Pantauan di lapangan, ratusan warga rela antre demi mendapatkan sembako murah. Gerakan pangan murah digelar oleh Pemkab Sumedang bekerjasama dengan Bulog Cabang Bandung serta sejumlah distributor bahan pokok.

Dalam gerakan pangan murah ini berbagai kebutuhan pokok dijual dibawah harga di pasaran. Beras premium dijual Rp 62.000 per 5 kilogram, sementara beras SPHP serta beras medium dijual seharga Rp 58.000 per 5 kilogram.

Selain beras, gerakan pangan murah juga menyediakan berbagai jenis sayuran seperti cabai, tomat serta bawang merah, yang dijual Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per pak. Sedangkan minyak goreng dijual Rp 13.500 per liter, telur ayam Rp 27.000 per kilogram dan Gula Pasir Rp 17.000 per kilogram.

Salah seorang warga, Teti Sumiati mengaku terbantu adanya gerakan pangan murah ini, yang harganya dibawah pasaran meskipun harus mengantre.

“Iya terasa terbantu harganya lebih murah dibandingkan di pasaran, kalau di pasaran ada yang murah ada yang mahal tergantung berasnya. Kalau sekarang beli 2 karung dan minyak, untuk kebutuhan sehari-hari aja,” kata Teti.

Sementara itu Kepala Bidang Ketahanan Pangan DPKP Kabupaten Sumedang, Iwan Gustiawan mengatakan, dalam gerakan pangan murah ini Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sumedang menyediakan 4 ton beras, 600 liter minyak goreng, serta 600 kilogram telur ayam.

Gerakan pangan murah tambah Iwan, digelar dalam rangka stabilisasi pasokan serta harga pangan, ditengah naiknya harga sejumlah bahan pokok di pasar.

“Kita melaksanakan gerakan pangan murah ini dibawah harga pasar untuk menstabilkan pasokan serta harga pangan,” kata Iwan.

Gerakan pangan murah digelar di 4 Kecamatan di Kabupaten Sumedang. Operasi pasar murah ini rencananya masih akan digelar di beberapa kecamatan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button