Cegah PMK, Penandaan Eartag dan Vaksin Hewan Ternak di Paseh Sesuai Target

0
Pemberian vaksin dan penandaan Eartag pada hewan ternak sapi di Paseh

JURNAL SUMA.COM., SUMEDANG – Personel Pos Koramil Paseh dan Polsek Paseh mendapingi UPTD Peternakan dan Perikanan Wilayah Cimalaka, yang membawahi Kecamatan Cimalaka, Cisarua dan Paseh dalam Program Penandaan Eartag, Vaksin PMK serta pemberian vitamin.

Usai divaksin, ternak sapi tersebut diberi Eartag dibagian telinga untuk memastikan bahwa ternak yang sudah ditandai tersebut telah divaksin. Selain divaksin dan diberi tanda, sejumlah ternak juga diberikan vitamin dan obat agar tidak terkena Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Danpos Koramil Paseh, Peltu Agus mengatakan, pihaknya telah mendapatkan intruksi dari komando atas untuk jajaran Koramil di Kodim 0610 Sumedang, agar berperan aktif dalam kegiatan pencegahan PMK. Dimulai dari penandaan Eartag, vaksin, dan pemberian vitamin pada ternak.

“Harapannya, sesuai waktu yang telah ditargetkan oleh Pemerintahan Kabupaten Sumedang, kegiatan Penandaan, vaksin PMK dan pemberian vitamin pada ternak harus rampung awal Desember bulan depan,” kata Peltu Agus, Selasa (15/11/2022).

Sementara itu, Kepala UPTD Peternakan dan Perikanan Wilayah Cimalaka, Aceng menegaskan, untuk wilayah Kecamatan Paseh sendiri, telah rampung penandaan Eartag sesuai target yang harus diselesaikan sebanyak 338 Ekor ternak Sapi.

“Selanjutnya setelah diberikan penandaan, kemuadian dilakukan vaksin PMK dan pemberian vitamin, serta obat kepada ternak agar tidak terkena Penyakit Mulut dan Kuku,” ucap Aceng.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here