Cegah Bencana, BPBD Sumedang Pasang Alat Ukur Curah Hujan dan EWS

0
BPBD Sumedang pasang alat pengukur curah hujan

JURNAL SUMA.COM., SUMEDANG – Upaya pencegehan dini bencana banjir dimusim penghujan ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, memasang alat pengukur curah hujan dan Early Warning System (EWS). Pemasangan alat tersebut, nantiya dapat mendeteksi dan memberikan peringatan mengenai curah hujan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, Atang Sutarno mengatakan, alat tersebut dipasang sebagai upaya pencegahan dini bencana dimusim penghujan ini.

“Kita saat ini sudah melakukan beberapa rekayasa antisipasi dimusim hujan ini. Salah satunya adalah pemasangan EWS alat mendeteksi Curah Hujan dan ketinggian air,” kata Atang, Rabu (16/11/2022).

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penangggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, Atang Sutarno.

Alat EWS atau sistem peringatan dini, kata Atang, kini sudah dipasang dibeberapa titik di wilayah Sumedang seperti, di Jalur Citengah, Cisoka maupun di hulu sungainya. Alat tersebut nantinya bisa mendeteksi ketinggian air dan dapat di pantau melauli Aplikasi besaran hujan.

“Alat itu sudah di pasang dibeberapa tempat di Dusun Cisoka, dan alat itu nantinya bisa memantau akan memberikan tanda ketika air naik dan berpotensi banjir,” katanya.

Atang menuturkan, pemasangan EWS di Cisoka sangat penting dilakukan. Lantaran, aliran air di sungai tersebut kerap besar sehingga berpotensi terjadinya bencana banjir.

“Iya sepeti kemarin cotohnya ketika air naik di Sungai Citundun kita langsung siaga ke lokasi, untuk memberikan imbauan ke warga untuk berhati-hati,” ucapnya.

Seperti diketahui, alat pengukur curah hujan dan EWS merupakan bantuan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Dengan alat tersebut diharapkan dapat mengurangi resiko bencana di Kabupaten Sumedang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here