Pohon Berukuran Besar di Cadas Pangeran Kembali Tumbang, Arus Lalin  Terganggu

0
Petugas evakuasi pohon tumbang di Jalur Cadas Pangeran, Sabtu (12/11/2022).

JURNAL SUMA.COM., SUMEDANG РSebuah pohon jenis sobsi berukuran besar  di Jalan Raya Bandung-Cirebon, tepatnya di Kawasan Cadas Pangeran, Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat kembali tumbang pada Sabtu (12/11/2022) siang. Akibat peristiwa itu, arus lalulintas dari dua arah sempat terganggu.

Pantauan di lokasi, petugas gabungan dari unsur TNI, Polri, BPBD, PUPR, Perhutani dan relawan yang datang ke lokasi, langsung membersihkan batang pohon yang sempat menutup badan jalan. Pohon yang tumbang  berjarak sekitar 200 meter dari kejadian pohon tumbang  sebelumnya.

Kepala Resort Kesatuan Pemangku Hutan (KRPH) Rancakalong, Suryana mengatakan, peristiwa pohon tumbang terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. Pohon yang tumbang merupakan pohon sejenis sobsi berusia 30 hingga 40 tahun.

“Pohon tersebut tingginya sekitar 20 meter dengan diameter batang pohon sekitar 80 centimeter,” kata Suryana.

Pohon tersebut tumbang, kata Suryana, diduga lantaran terkena beban akar-akaran besar yang bergelangtungan dari tetumbuhan yang ada di sekelilingnya tebing Cadas Pangera. Pohon tersebut tumbang saat cuaca dalam kondisi normal.

“Jadi pohon yang tumbang ini terbebani oleh akar-akaran besar yang bergelantungan sehingga tidak kuat menahan beban dan akhirnya tumbang. Pohon tumbang saat tidak ada angin tidak ada hujan,” katanya.

Sementara itu salah satu pengguna jalan, Hariyadi mengaku khwatir dengan kondisi ini. Dimana, ia selalu membawa kendaraanya selalu melewati jalur Cadas Pangeran setiap harinya.

“Cukup khawatir dengan sering terjadinya longsor dan pohon tumbang, apalagi setiap hari saya melintasi jalan ini,” kata Hariyadi.

Hingga saat ini, arus lalulintas kawasan Cadas Pangeran masih diberlakukan sistem buka tutup oleh pihak kepolisian Polres Sumedang.  Sementara tim gabungan pun masih berupaya mengevakuasi batang pohon yang masih mengahalangi jalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here