Cerita Ipda Abdul Satar, 28 Tahun Bertugas di Polsek Cibugel Sejak Jalan Bebatuan Hingga Banyak Perubahan

0

JURNAL SUMA.COM., SUMEDANG – Menjadi abdi Negara sebagai anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri), tentunya harus punya kesiapan untuk ditempatkan dimana saja, sesuai perintah pimpinan. Meskipun lokasi tugas tersebut tak pernah terlintas dibenak pikiran dan jauh dari tempat kelahiran.

Hal ini lah yang dirasakan oleh, Ipda Abdul Satar (51) Kanit Samapta di Polsek Cibugel Polres Sumedang, yang dilahirkan di Sanglar Riau, pada 30 Agustus 1971. Dirinya mengabdi sebagai anggota Polri sudah puluhan tahun dan ditugaskan di Polsek Cibugel, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Saat ditemui di Polsek Cibugel, Ipda Abdul Satar menuturkan, memasuki 28 tahun pengabdiannya sebagai anggota Polri, ia tidak pernah berpindah tugas sejak pertama kali ditempatkan di Polsek Cibugel pada tahun 1993, yang dulunya masih Pos Pol, hingga berubah menjadi Polsek pada tahun 2002.

“Pertama kali bertugas jalan disini masih berupa batu. Kalau menuju kantor desa dari Polsek harus jalan kaki hampir 2 jam lebih, karena belum ada kendaraan operasional. Penerangan di kantor juga hanya lampu pijar atau lilin,” kata Abdul.

Pengabdian 28 tahun bukanlah waktu yang singkat, dan bagi Abdul Satar ini merupakan bukti pengabdian sebagai pelayan masyarakat yang harus siap ditempatkan dimana saja. Meskipun itu di daerah bahkan ditempat yang sangat jauh dari tanah kelahirannya.

“Dimana pun ditugaskan kita nikmati saja dengan tujuan betul-betul mengabdi. Jangan berkecil hati, walaupun ditempatkan di daerah tetap semangat, dan harus punya inovasi agar Polri tetap dicintai masyarakat,” ucapnya.

Sementara kondisi kantor Polsek Cibugel yang awalnya Pos Pol, terus mengalami perubahan hingga dijabat Kapolsek saat ini.
“Setelah dipimpin oleh pak Kapolek Iptu Ucu Abdurahman alhamdulillah banyak perubahan. Seperti perubahan pembangunan ruang Bayangkari, terus plang Polsek Cibugel, perubahannya sangat pesat, sangat maju,” ujarnya.

Sementara itu Kapolsek Cibugel, Iptu Ucu Abdurahman mengatakan, sosok Ipda Abdul Satar yang kini menjabat sebagai Kanit Samapta Polsek Cibugel, menjadi salah satu bukti kesetiaan anggota Polri yang loyal terhadap tugas yang diembannya, yang patut dicontoh bersedia mengabdi meski ditempatkan di daerah yang jauh dari kota.

“Luar biasa, dedikasi dan motivasi kerjanya luar biasa sebagai anggota. Setia mengabdi meski ditempatkan di wilayah yang jauh dari kota,” kata Ucu.

Ucu menambahkan, sosok Abdul Satar bisa menjadi teladan dan contoh bahwa pengabdian tidak ada batasan dan bisa dilakukan dimana saja, terlebih jika pengabdian tersebut didasari dengan keikhlasan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagian masyarakat.

“Harapannya ini jadi motivasi buat rekan-rekan anggota yang lainnya, bahwa di Cibugel pun bisa meniti karir, mampu menempuh pendidikan untuk menaikan golongan selama ada kemauan dan keinginan untuk maju dan berkembang,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here