JURNAL SUMA.COM,. SUMEDANG – Satuan Reserse Narkoba Polres Sumedang berhasil mengamankan 4 tersangka kasus tindak pidana narkotika jenis sabu dan ganja. Para tersangka diamankan di tempat berbeda beserta barang bukti sabu seberat 4,12 gram dan ganja seberat 6,8 gram.

Kapolres Sumedang, AKBP Eko Prasetyo Robbyanto mengatakan, pihaknya berhasil mengungkap tidak pidana narkotika jenis sabu berdasarkan laporan masyarakat dengan penangkapan awal 1 orang tersangka berinisial DH alias Bray di Dusun Cikohkol, Desa Cigendel, Kecamatan Pamulihan, Rabu (29/6/2022) dengan barang bukti 1,13 gram sabu.

“Kemudian dilakukan introgasi dan didapati keterangan barang tersebut didapat dengan cara membeli sebesar Rp.500 ribu rupiah dari temannya berinisial BC alias Abah,” kata Eko, Kamis (7/7/2022).

Selanjutnya pihak kepolisian juga berhasil mengamankan 1 tersangka lainnya berinisial AR alias Bule di kawasan Panenjoan, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung dengan barang bukti 4 paket yang diduga narkotika jenis sabu dengan berat 2,99 gram.

“Setelah dilakukan introgasi awal tersangka AR menerangkan bahwa narkotika yang diduga sabu tersebut milik Dedi yang statusnya masih DPO. Sehingga total sabu yang disita Polres Sumedang 4,12 gram,” ucap Eko.

Sementara itu untuk kasus ganja, tersangka berinisial AHS ditangkap di rumahnya di wilayah Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang dengan barang bukti satu paket ganja yang dibungkus plastik klip bening seberat 6,8 gram. Penangkapan AHS merupakan hasil pengembangan salah satu kasus narkotika yang ditangani Polres Sumedang.

“Diperoleh keterangan bahwa ganja tersebut didapat melalui media sosial dengan akun Instagramnya adalah “AIICHEMIST LEGACY” dan pengirimannya menggunakan jasa kurir,” ujar Eko.

Atas perbuatannya tersangka dijerat dengan pasal 114 ayat (1) dan atau pasal 112 ayat (1) dan atau pasal 127 ayat (1) undang-undang RI No. 35 tahun 2009 tentang narkotika. Dengan ancaman pidana seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun dan denda paling sedikit Rp.1 Miliar paling banyak Rp.10 Miliar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here