JURNAL SUMA.COM., SUMEDANG – Piala Kasad (Kepala Staf Angkatan Darat) Liga santri PSSI tahun 2022 tingkat Kabupaten/Kota resmi dibuka. Di wilayah Kodim 0610/Sumedang ajang bergengsi para santri ini dibuka langsung Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir dan Dandim 0610 Sumedang, Letkol INF Zaenal Mustofa, yang digelar di Stadion Ahmad Yani, Kelurahan Kota Kaler, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (21/6/2022).

Pantauan di lokasi, sebelum memulai pertandingan pertama antara Ponpes Darul Hikmah melawan Al-Marjuqiah, Bupati Sumedang dan Dandim 0610 Sumedang serta Wakil Bupati melakukam tendangan pertama sebagai tanda dibukanya ajang tersebut.

Dandim 0610/Sumedang, Letkol Inf Zaenal Mustofa mengatakan, tujuan dari digelarnya liga santri ini sebagai bentuk kepedulian TNI, tehadap dunia olahraga dan sebagai ajang pencarian bibit pesepakbola ditingkat Kabupaten/Kota. Dimana TNI (AD) Angkatan Darat sendiri akan melaksanakan rekrutmen melalui jalur khusus santri.

“Dan inilah bentuk kepedulian TNI Angkatan Darat kepada masyarakat, Bangsa dan Negara, dan terhadap santri khususnya,” kata Zaenal.

Liga santri sendiri, kata Dandim, dilaksanakan di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia. Dimana untuk wilayah Sumedang diikuti oleh 7 tim Pondok Pesantren (Ponpes), yang akan bertanding mulai hari ini tanggal 21 hingga 29 Juni 2022 mendatang.

“Jadi nanti pemenang dari Kabupaten Sumedang akan bertanding di tingkat Provinsi atau Kodam. Selanjutnya pemenang tingkat Kodam akan bertanding di tingkat Nasional piala Kasad,” ucapnya.

Sementara itu Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi pelaksanaan liga santri ini yang digagas Kasad dan Kodim 0610/Sumedang. Hal ini menjadi terobosan baru dalam mencari bibit-bibit atlet berprestasi dari santri.

“Ini menjadi ajang dan wahana bagi para santri yang memiliki minat dan bakat olahraga khususnya sepakbola,” kata Dony.

Dony menuturkan, dari kompetisi ini diharapkan akan tumbuh motivasi para santri untuk mengembangkan minat dan bakatnya. Sehingga akan muncul regenerasi atlet Sumedang yang mampu berkiprah di jenjang yang lebih tinggi.

“Kami berharap Sumedang bisa juara di tingkat provinsi dan kami siap untuk mensupport,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here