JURNAL SUMA.COM., SUMEDANG – Ratusan goweser dari komunitas sepeda di Kabupaten Sumedang, bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sumedang menggelar penanaman pohon di pinggir jalan Tol Cisumdawu, Kawasan Desa Mekarjaya, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Minggu (5/6/2022).

Ketua Bike To Work Korwil Sumedang, Asep Ridwan mengatakan, kegiatan penanaman pohon dilakukan, dalam rangka memperingati hari sepeda sedunia dan hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2022.

“Untuk acara hari sepeda sedunia dan hari lingkungan hidup sedunia mengadakan gowes santai dan penanaman pohon,” kata Asep.

Dikatakannya, ada sekitar 27 komunitas dengan jumlah peserta lebih dari 200 orang yang ikut serta dalam kegiatan penanaman pohon, bersih-bersih dan gowes santai yang mengambil start di halaman Gedung Negara Kabupaten Sumedang dan finis di halaman Desa Mekarjaya.

“Hari ini untuk simbolisnya saja di sekitar halam desa, untuk kedepannya kita akan siapkan 200 pohon lebih untuk ditanam,” ucap Asep.

Sementara itu Kepala Desa Mekarjaya, Awandi Nopyan mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan positif yang dilakukan komunitas sepeda Sumedang yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

“Hal yang sangat positif kalau semua komunitas punya kepedulian terhadap lingkungan penataannya jadinya Sumedang indah,” kata Awandi.

Awandi berharap, kegiatan tersebut dapat menjadi contoh dan menginspirasi komunitas atau kelompok masyarakat lainnya. Untuk senantiasa peduli dan saling dukung dalam menjaga lingkungannya masing-masing.

“Saya ucapkan terimakasih dan jangan terhenti disini dan harus berkelanjutan kedepannya,” harapannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here