JURNAL SUMA.COM., SUMEDANG – Sebuah gudang dan dapur milik warga di Lingkungan Kebonkol, Kelurahan Regolwetan, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat ambruk tergerus Tembok Penahan Tebing (TPT) yang longsor, Jumat (22/04/2022) petang.

Akibat kejadian tersebut membuat gudang dan dapur mengalami rusak berat, setelah TPT setinggi 7 meter dengan lebar 10 meter longsor. Sejumlah perabotan rumah tangga seperti, kursi, dipan kayu dan kulkas ikut tergerus material longsor. Peristiwa itu terjadi setelah kawasan tersebut diguyur hujan deras.

Salah seorang saksi, Vera mengaku panik saat peristiwa TPT yang ada dibelakang rumahnya longsor. Ia sempat mendengar suara yang keras perisriwa terjadi. Dirinya pun sempat lari dan masuk kedalam rumah.

“Tadi dengar suara keras saya langsung lari kedalam, bapak saya keluar dan setelah dilihat itu (TPT) ambruk soalnya tadi hujan deras, sebelumnya pernah terjadi namun waktu itu pohon tumbang.

Pemilik rumah Asep Atuy menuturkan, saat kejadian dirinya sedang berada diluar rumah dan tengah beraktivitas. Namun ia merasa khawatir, saat kejadian orang tuannya tengah berada di bagian depan rumah.

“Saya lagi di luar, orang tua saya ada didalam alhamdulilah selamat, hanya barang-barang saja yang ikut tergerus. Saya akan mengungsi sementara waktu untuk menjaga hal-hal yang tidak di inginkan,” tutur Asep.

Sementara itu menurut petugas Pusdalops BPBD Sumedang, Rochman Septiana, pihaknya yang mendapatkan laporan langsung mendatangi lokasi ambruknya dapur dan gudang rumah tersebut untuk melakukan assesment.

“Untuk penghuni sudah diimbau untuk menjauh dari lokasi longsoran dan mengamankan barang-barang berharga yang berada di atas longsoran,” kata Rochman.

Dari hasil assesment sementara, kata Rochman, kondisinya masih berpotensi longsor susulan, lantaran terdapat retakan-retakan di bagian kamar dan bagian dapur. Termasuk mengancam dua rumah warga lainnya yang berada di bawah lokasi longsoran dan berdekatan dengan Sungai Cipeles.

“Untuk dampak lainnya bagian-bagian rumah yang berada di atas longsoran seperti kamar dan bagian dapur ada yang retak-retak, di khawatirkan terjadi longsor susulan. Warga diimbau untuk waspada saat hujan turun,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here