JURNALSUMA.COM., SUMEDANG – Belasan ribu ayam mati terpanggang dalam peristiwa kebakaran yang terjadi di Kelurahan Pasangrahan Baru, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (25/3/2022) pagi.

Sebuah kandang ayam negeri berukuran 100 X 75 meter tersebut hangus dilalap sijago merah. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai Rp.1,5 miliar.

Kepala UPT Damkar Sumedang Kota, Yayat Hidayat mengatakan, pihaknya menerima laporan sekitar pukul 06.00 WIB. Material kandang yang terbuat dari kayu dan bambu membuat api dengan cepat membesar dan membakar seluruh bangunan beserta isinya.

“Kita langsung menuju lokasi kebakaran untuk melakukan upaya pemadaman,” kata Yayat.

Dikatakannya, kebakaran baru bisa diatasi sekitar 1 jam kemudian, setelah 3 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan menuju lokasi.
“Dugaan sementara kebakaran akibat konseling aliran listrik,” ucap Yayat.

Sementara itu menurut keterangan perwakilan dari perusahan ternak ayam, Antony, saat kejadian kandang ayam milik warga bernama Kusnadi tersebut berisikan 12 ribu ekor ayam berusia 7 hari yang semuanya ludes mati terpanggang.

“Kalau estimasi kerugian untuk kandang, pakan dan ayam yang terbakar sekitar Rp. 1,5 Milyar,” ujar Antony.

Untuk sementara penyebab pasti kebakar belum bisa diketahui. Namun dugaan sementara akibat kerusakan pada mesin pemanas atau hubungan arus pendek listrik.

“Kalau ayam kecil itu memakai pemanas, jadi kemungkinannya antara dua itu,” kata Antony.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here