JURNALSUMA.COM., SUMEDANG – Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur wilayah Sumedang mengakibatkan pohon tumbang di Kawasan Jalan Parigi Lama, Lingkungan Ciateul, Kelurahan Situ, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (18/3/2022) sore.

Pohon jenis mahoni yang tumbang tersebut menutup akses jalan. Selama proses evakuasi arus lalulintas dialihkan sementara melalui halaman Kantor Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Sumedang yang dilakukan secara buka tutup.

Sementara tumbangnya pohon tersebut terjadi akibat bagian akar pohon yang sudah mengalami rapuh, sehingga tidak mampu menahan beban saat terjadi angin kencang.

Kasie Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sumedang, Asep Ramdani mengatakan, pihaknya menerima laporan pohon tumbang sekitar pukul 15.30 WIB. Setibanya di lokasi pihaknya langsung melakukan proses evakuasi.

Dikatakannya, proses evakuasi berjalan lancar dilakukan oleh petugas dengan memotong pohon menjadi bagian kecil dengan menggunakan gergaji mesin.

Selama proses evakuasi arus lalulintas kendaraan dari kedua arah terpaksa dialihkan melalui halaman kantor Perumahan dan pemukiman yang dilakukan secara buka tutup.

Beruntung dalam peristiwa pohon tumbang tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa maupun luka, lantaran arus lalulintas dalam keadaan lengang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here