JURNALSUMA.COM., MAJALENGKA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno lakukan Sosilaiasi Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2022 di Desa Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Minggu (6/3/2022).

Sandiaga Unu, melihat banyak pontensi desa di Jawa Barat yang dapat dikembangkan sebagai desa wisata, yang mampu membangkitkan ekonomi dengan peluang lapangan kerja yang semakin banyak bagi masyarakat salah satunya Desa Bantaragung.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, desa wisata Bantaragung adalah salah satu desa wisata yang menonjolkan seni artistic. Dengan kreatif lokal seperti sistem teraseringnya, yang tak kalah dari Desa Ubud di Bali yang mampu berkembang dengan memberdayakan masyarakat sekitar.

“Inputnya harus bebasis komunitas, berdaya saing dan berkelanjutan,” kata Sandiaga Uno.

Potensi yang ada di Desa Bantaragung, kata Uno, memiliki paket wisata lengkap yang dengan tetap menonjolkan kearifan lokal. Diantaranya sistem terasering, Curug Cipeteuy, Coboer pass serta bukit Batu Semar yang dapat dikembangkan untuk kemajuan pembangunan dan ekonomi.

“Karena desa wisata menjadi lokomotif pembangunan kita untuk kedepannya,” katanya.

Dengan potensi yang ada khusus di Kabupaten Majalengka, Sandiaga Uno mentarget ada desa lainnya yang dapat didaftakan untuk mengikuti ADWI 2022. Dalam upaya pengembangan desa wisata berkelanjutan dan berkesinambungan.

“Mudah-mudahan nanti yang melanjutkan kerja kami di Pariwisata Ekonomi Kreatif tetap berkomitmen membangun desa wisata,” ujar Sandi.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022, merupakan salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia yang sedang digalakkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yang mampu mewujudkan visi Indonesia sebagai Negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat.

“Tujuan agar dari 83.000 desa di seluruh Indonesia yang memiliki daya tarik wisata tergerak untuk ikut Ajang ADWI 2022 yang pembukaan pendaftaran dimulai tanggal 19 Februari hingga 31 Maret 2022,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here