JURNALSUMA.COM., SUMEDANG – Rencana pemerintah melakukan migrasi saluran televisi dari analog ke digital atau Analog Switch Off (ASO), mendapat dukungan dari masyarakat. Seperti halnya para driver Ojek Pangkalan (Opang) Pagar Betis dan Warung Kopi (Warkop) di Kawasan Kelurahan Regol Wetan, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang Jawa Barat.

Migrasi saluran televisi analog ke digital, dinilai dapat meningkatkan kualitas siaran dengan suara dan gambar lebih jernih. Sehingga masyarakat mendapatkan kenyamanan saat menikmati berbagai tayangan di televisi.

Salah seorang driver ojek pangkalan, Endang Suhanda (55) mengatakan, dirinya mendukung penuh rencana pemerintah dengan program televisi digitalnya. Dimana masyarakat diberikan kenyaman menikmati siaran televisi dengan kualitas suara dan gambar lebih baik.

“Sejak sudah ada tv digital itu lebih bagus dibandingkan dengan yang belum, suara dan gambar lebih cekas (Jernih),” kata Endang, Rabu (2/3/2022).

Endang menuturkan, program pemerintah ini terus berlanjut sehingga masyarakat dapat menikmati dan memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya untuk jangka panjang.
“Iya kedepannya jangan diganti lagi lebih baik lanjutkan terus,” tuturnya.

Meski telah mengetahui adanya program televisi digital tersebut, namun diakui Endang, siaran tv yang ada dipangkalannya masih menggunakan analog. Karena belum dipasang alat Set Top Box atau (STB).

“Kalau disini belum dan sekarang mau dipake digital mudah secepatnya bisa ada alatnya,” ujar Endang.

Selain di ojek pangkalan, salah satu warung kopi di Regol Wetan Juga, telah melakukan migrasi ke siaran digital. Meski menggunakan televisi analog atau televisi tabung, pemilik warung sudah menggunakan Set Top Box sebagai alat bantu penerima siaran digital.

Pengunjung warung kopi, Agus Haeruman mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi program pemerintah tersebut. Ia mengajak pada masyarakat lainnya untuk segera beralih dari siaran analog ke digital yang memang memiliki kualitas yang lebih baik.

“Saya menyarankan untuk segera beralih ke antena digital, karena memang siarannya lebih jernih,” kata Agus.

Sebagai salah satu yang telah beralih dari siaran analog ke digital, Agus menyampaikan terima kasih dengan adanya program migrasi siaran analog ke digital, yang manfaatnya telah dirasakan dengan penerimaan kualitas siaran yang baik.

“Dengan adanya antena ini, kami merasa terbantu karena siarannya sangat bagus sekali,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here