JURNALSUMA.COM., SUMEDANG – Kementrian Koperasi (Kemenkop) UKM kerjasama dengan Univeristas Koperasi Indonesia (UKI) dalam Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Kamis (3/2/2022).

Sekretaris Kemenkop UKM Arif Rahman mengatakan kerjasama yang dilakukan bersama Universitas Koperasi Indonesia merupakan tindak lanjut dari kunjungan Menteri Koperasi dan UKM dalam hal kajian dan penelitian terkait perkoperasian.

“Terutama kaitannya kita ingin mempererat menggunakan kajian-kajian dengan kalangan perguruan tinggi untuk kami gunakan dalam perumusan kebijakan,” kata Arif.

Arif menjelaskan dalam rangka modernisasi koperasi telah diterbitkan Peraturan Menteri Nomor 8 Tahun 2021 tentang koperasi dengan model multi pihak. Dimana Kebutuhan kedepan untuk perkoperasian dan UMKM perlu penyusunan beragam aturan.

“Untuk penguatan kelembagaan koperasi, pengawasan, dan penegakan hukum, Setelah ditetapkannya RUU Perkopersian menjadi UU, perlu disusun, Peraturan Pemerintah yang mengatur antara lain mengenai kelembagaan koperasi, perizinan usaha, pengawasan, pelaksanaan prinsip Syariah, Peraturan Menteri tentang Basis Data Tunggal Koperasi dan UMKM dan Peraturan Menteri tentang Basis Data Tunggal Koperasi dan UMKM,” paparnya.

Setelah adanya kerjasama, Ia pun berharap Universitas Koperasi Indonesia dapat berkontribusi dalam Peningkatan literasi mengenai perkoperasian kepada Pegawai Kementerian, Dinas, dan  masyarakat.

“Memberikan masukan atas RUU Perkoperasi dan Peraturan Pemerintah yang akan disusun Menghasilkan kajian/rekomendasi kebijakan untuk pembaharuan perkoperasian,” terangnya.

Penandatangan kerjasama antara Kemenkop UKM dengan Universitas Koperasi Indonesia di Gedung Graha Suhardani, Kampus Universitas Koperasi Indonesia, Jatinangor, Sumedang.

Sementara itu, Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Koperasi indonesia Sugianto menyambut baik atas kerjasama yang dilakukan dengan Kemenkop UKM. Hal itu tentunya dapat mengembangkan lingkungan kampus  dari sebelumnya Institut Koperasi Indonesia (Ikopin) menjadi Universitas Koperasi Indonesia.

“Univeritas Koperasi Indonesia yang konsisten bergerak dibidang pengembangan perkoperasian dan Usaha Kecil dan Menengah tentu sangat menyambut baik dengan terjalinnya Kerjasama antara Kementrian Koperasi dan UMKM sebagai awal yang baik,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here