JURNALSUMA.COM., SUMEDANG – Tebing setinggi 7 meter di Dusun Cisurat RT 04 RW 01, Desa Cisurat Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang Jawa Barat longsor menimpa rumah warga, Sabtu (22/1/2022).

Akibat kejadian tersebut seorang ibu dan anak yang berada di dapur tertimbun, sang ibu meninggal di lokasi kejadian, sementara anaknya dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang karena mengalami luka berat.

Camat Wado Sutisna mengatakan, longsor terjadi setelah kawasan tersebut diguyur hujan. Akibat kejadian itu, ibu beserta anaknya tertimbun material longsor.

“Kejadian berawal saat turun hujan, dan diatasnya itu ada bambu. Longsor terjadi akibat guyuran hujan ditambah tanah labil. Korban saat kejadian sedang dikamar mandi,” kata Sutisna.

Berdasarkan data yang dihimpun dilapangan, longsor menimpa rumah saudara Cucu, dimana saat terjadi longsor korban Siti Nyoman (42) sedang  memandikan anaknya Dede Rayan Andhika (7) pada saat dilokasi turun hujan, tiba-tiba rumpun bambu dan tanah setinggi 6 meter dibelakang rumah mereka longsor dan menimbun kedua korban.

Warga sekitar yang mengetahui kejadian langsung mencoba mengevakuasi tubuh ibu dan anak tersebut dari timbunan material longsor. Siti Nyoman meninggal dunia, sementara anaknya Dede Rayan di bawa ke RSUD Sumedang untuk dilakukan penanganan medis karena mengalami luka berat.

Atas kejadian ini camat Wado meminta warganya yang berada dekat dengan lokasi longsor sementara mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Tindakan kami sementara pasca terjadi longsor, kami mengamankan untuk antisipasi daerah-daerah yang berpotensi longsor susulan yang ada dilingkungan ini untuk semebtara waktu mengungsi ke keluarga terdekat yang lebih aman, ada 8 rumah atau 8 kepala keluarga terdekat lokasi kejadian ini yang kami himbau untuk mengungsi sementara waktu,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here