JURNALSUMA.COM., SUMEDANG – Pernyataan Arteria Dahlan terus-terusan mendapat kecaman dari berbagai pihak. Termasuk di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Bahkan Dewan Kebudayaan Sumedang (DKS) telah mengeluarkan sikap.

Sekretaris Umum DKS, Asep Anang Supriatna mengatakan, sebagai lembaga resmi yang bergerak di Bidang Kebudayaan khususnya Sunda, pihaknya telah mengambil sikap dengan menerbitkan surat edaran.

“Yang pertama kami telah mengedarkan pernyataan sikap kami, menuntut untuk membuat surat pernyataan permohonan maaf kepada masyarakat Sunda,” kata Asep, Rabu (19/1/2021).

Arteria Dahlan, kata Asep, dinilai sangat arogan yang tidak mencerminkan sikap sebagai Wakil Rakyat, dengan pernyataannya yang membuat gaduh dan bisa memicu terjadinya perpecahan.

“Kami meminta partai pengusunnya untuk mencabut atau mengganti Arteria Dahlan dan menuntut dilakukannya Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap yang bersangkutan. Karena, telah melecehkan dan membuat kegaduhan masyarakat Sunda,” ucapnya.

Asep menyampaikan, pihaknya sangat mendukung dengan sikap dan gerakan komunitas masyarakat Sunda, dan mengimbau untuk tetap menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa dengan tidak melakukan hal-hal yang akan merugikan atau memperkeruh suasana.

“Dari hasil pertemuan akan ada audensi tokoh-tokoh masyarakat Sunda dengan DPR RI, termasuk juga dengan pihak PDIP. Sebagai satu langkah kami tidak menurunkan masa tapi kita beraudensi dulu dengan para tokoh Sunda,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here