JURNALSUMA.COM., SUMEDANG – Satuan Koordinator Cabang Satkoorcab Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Sumedang melaksanakan Apel Banser Tahun 2022 dilapangan Islamic Center, Kelurahan Kotakulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang Jawa Barat, Sabtu (15/01/2022).

Dalam kegiatan apel Banser Satkorcab Sumedang ini, dipimpin langsung Kasatkorcab Banser Kabupaten Sumedang, Ahmad Sugiandi dan pembina apel Ketua PC GP Ansor Kabupaten Sumedang Acep Komaruddin Hidayat.

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Sumedang, Acep Komaruddin Hidayat menyampaikan, bahwa tahun 2022 ini sebagai tahun kebangkitan Banser Kabupaten Sumedang, PC GP Ansor Sumedang dan Satkorcab Banser akan terus melakukan kegiatan kaderisasi Banser di 26 kecamatan yang ada di kabupaten Sumedang.

“Untuk tahun 2022 ini, tahun ini sebagai tahun Banser dimana nanti kita akan memperbanyak kaderisasi untuk merekrut kader-kader Banser dengan melaksanakan diklatsar Banser itu pertama dan nanti ditengah tahun kita akan mencoba mengupgrade pasukan-pasukan Banser ini dengan melaksanakan kaderisasi level 2 untuk Banser yakni Susbalan (Kursus Banser Lanjutan),” kata Acep.

Meski pendidikan dan latihan dasar dilakukan Acep berharap, kualitas anggota Banser Kabupaten Sumedang baik yang sudah ada dan calon anggota Banser tetap harus berkualitas.

“Mudah-mudahan hasilnya significan, tapi walaupun demikian kita tetap ingin menjaga kualitas-kualitas Banser, Kuantitas kita jadikan nomer sekian, yang terpenting kader yang sudah ada berkualitas sehingga nanti dapat memberikan kontribusinya terhadap masyarakat bangsa dan negara,” ucapnya.

Sementara itu menurut ketua Pimpinan Cabang Nahdathul Ulama Kabupaten Sumedang, KH. Idad Isti’dad mengapresiasi atas semangat dari anggota-anggota Banser Satckorcab kabupaten Sumedang.

“Hari ini apel Banser awal tahun 2022, dalam arti kata, ada anggota-anggota baru dikumpulkan untuk diberikan semangat. Hasil diklatsar maupun PKD di masing-masing kecamatan, harusnya yang hadir lebih daripada 300 anggota Banser, karena untuk menjaga prokes yang hadir terbatas perwakilan dari 26 kecamatan,” kata KH. Idad.

PC NU Sumedang yang menaungi Ansor Banser Sumedang akan terus mensupport kegiatan seperti apel Banser ini, dan berharap anggota Banser dapat bersinergi membantu program pemerintah.

“Alhamdulillah semangat anak-anak di Ansor dan Banser dibawah naungan Nahdlatul Ulama, tetap semangat walaupun masih di masa pandemi hari ini, sehingga anak-anak bisa bekerjasama dengan pemerintah dengan masyarakat,” ucapnya.

KH. Idad juga mengajak anggota Banser mendukung program vaksinasi pemerintah, yang saat ini menyasar anak sekolah dasar.
“Silahkan anggota Banser untuk membantu di program-program pemerintah wabil khusus tentang Vaksin yang hari ini dilaksanakan di Sumedang untuk anak-anak SD, mudah-mudahan semangat anak-anak Ansor Banser bisa membantu pemerintah dan bisa bekerjasama dengan baik itu harapan kami ketua PCNU Kabupaten Sumedang,” ucapnya.

Kegiatan Apel Banser dengan mengedepankan protokol kesehatan ini, dihadiri perwakilan PW GP Ansor Jawa Barat, Kepala Disbudparpora Kabupaten Sumedang, Kapolsek Sumedang Selatan, perwakilan Kodim 0610 Sumedang, Ketua KNPI Sumedang, jajaran pengurus PC NU Sumedang, ketua PAC GP Ansor se-kabupaten Sumedang, serta Banom NU Kabupaten Sumedang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here