JURNALSUMA.COM., SUMEDANG – Tebing setinggi 20 meter dengan lebar 5 meter di jalan nasional Bandung-Cirebon kawasan Cadas Pangeran, Desa Ciherang Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat Longsor dan mengakibatkan kemacetan dari dua arah sekitar kurang lebih 2 kilometer, Rabu (12/01/2022) sore.

Material longsor berupa tanah dan batu Cadas yang cukup besar dari tebing menutup sebagian badan jalan. Petugas gabungan dari unsur TNI, Polri, BPBD dan warga terus berupaya membersihkan material longsor dengan alat seadanya.

Salah seorang warga Umar (43) mengatakan, awalnya material longsor berjatuhan sedikit demi sedikit. Kemudian disusul dengan longsor batu cadas yang besar sekitar pukul 15.00 WIB.

“Kebetulan saat kejadian kondisi lalu-lintas dari kedua arah sedang sepi jadi engga ada korban. Tadi cuaca sedang keadaan hujan gerimis,” kata Umar.

Sementara itu anggota Pusdalops BPBD Sumedang, Wawan Hendra Gunawan menyampaikan, besarnya material longsoran membuat proses evakuasi untuk sementara waktu belum bisa dilakukan karena masih menunggu datangnya alat berat.

“Kami menerima laporan dari warga sekitar pukul 15.30 WIB, dan langsung menindak lanjuti menuju TKP,” ucap Wawan.

Wawan menuturkan, evakuasi yang dilakukan saat ini pihaknya terus berupaya membersihkan material longsoran yang kecil dengan peralatan seadanya. Ketinggian tebing yang longsor diperkirakan 20 meter dengan lebar 5 meter.
“Kami terus melakukan evakuasi material longsoran dengan peralatan seadanya, kami akan menurunkan alat berat exskavator untuk membantu membersihkan material longsor,” tuturnya.

Dikatakannya, material longsoran yang menutup sebagian jalan membuat arus lalul lintas sedikit terhambat. Meski tidak ada korban jiwa namun pihaknya menghimbau bagi pengendara untuk waspada mengingat masih ada retakan tebing di tambah cuaca hujan.

“Kalau melihat ke atas ini riskan juga, karena masih banyak retakan,” ucap Wawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here