JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Antisipasi kepadatan pengunjung di momen libur Tahun Baru 2022, petugas memberlakukan sistem ganjil genap menuju kawasan objek wisata Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Minggu (02/01/2022).

Selain memberlakukan sistem ganjil genap, petugas gabungan dari unsur TNI, Polri, dan Satpol PP membubarkan kerumunan guna mencegah penyebaran Covid-19, yang diakibatkan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan dihari kedua libur tahun baru.

Kapolres Sumedang, AKBP Eko Prasetyo Robbyanto mengatakan, petugas memperketat aturan ganjil genap yang hanya memperbolehkan kendaraan berplat nomor genap masuk ke kawasan Jatigede. Sementara yang berplat ganjil dialihkan ke jalur lain bahkan ada yang terpaksa di putar balikan.

“Mengingat virus Covid masih ada disekitar kita tentunya mobilitas masyarakat harus dihambat, diantaranya memperketat ganjil genap,” kata Eko.

Dikatakan Eko, selain ganjil genap petugas juga membubarkan para pengunjung yang berkerumun, serta tidak mengijinkan pengunjung yang tidak menggunakan masker memasuki objek wisata Jatigede.

“Selanjutnya kami menggunakan rayonisasi dalam hal ini 3 Polsek di kawasan Jatigede. Kami kerahkan mobil patrolinya untuk memberikan himbauan-himbauan protokol kesehatan kepada masyarakat,” ucap Eko

Upaya mengurangi kepadatan pengunjung akan terus dilakukan secara periodik oleh petugas, dengan melakukan patroli di kawasan objek wisata Jatigede, termasuk operasi yustisi yang akan dilakukan Satpol PP.

“Jadi apabila tertangkap tangan tidak menegakan protokol kesehatan maka akan dilakukan denda di tempat,” ujar Eko.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here