JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Libur Tahun Baru hari kedua, objek wisata di Sumedang terus dikunjungi wisatawan. Salah satu objek wisata yang mendapat kunjungan wisatawan yakni Kampung Karuhun, di Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang Jawa Barat, atau 7km dari Alun-alun kota Sumedang.

Kampung karuhun Sumedang, menyajikan suasana alam untuk berkumpul bersama keluarga. Di kampung karuhun ini, bisa melepas penat dengan berenang di air sungai dan makan lesehan di pinggir sungai, dan yang berbatasan langsung dengan hutan pinus.

“Selama libur Tahun Baru sudah dua hari terhitung mulai tanggal 1 kemarin sampai dengan tanggal 2 Januari ini kunjungan wisata ke Sumedang khususnya ke Kampung karuhun meningkat. Namun, kita masih melakukan pembatasan anjuran pemerintah,” kata Nana Mulyana saat ditemui Jurnalsuma.com Minggu, (02/01/2022).

Pihak pengelola objek wisata Kampung Karuhun, mencatat pengunjung didominasi berasal dari kota Bandung. Sisanya pengunjung lokal dan beberapa kota lain di Jawa Barat.

“62 persen yang datang ke sini berdasarkan pantauan aplikasi yang kita miliki, datang dari kota Bandung 32 persen dari lokal sumedang, dari Cilacap, banyumas, Banjar Negara, Cirebon, Indramayu termasuk dari Jakarta dan Bekasi. Sampai dengan pukul 3 sore ini, 1500 pengunjung tercatat datang ke lokasi kami,” ungkap Nana.

Wisatawan yang datang ke Kampung Karuhun, dikenakan tiket masuk Rp. 25.000 per orang dengan fasilitas waterboom, tempat makan lesehan, spot selfie dan dapat mandi di sungai Citengah yang airnya jernih.

“Mulai dari waterboom, wisata alam yang dapat menjadi spot-spot selfie tapi yang menarik disini adalah pengunjung dapat mandi disungai, dari pagi sampai sore ini, ratusan orang sengaja mandi di sungai,”ujarnya.

Sedangkan untuk catatan jumlah kunjungan dibanding tahun 2019, sebelum adanya pandemi libur tahun baru 2022 menurun 50 persen.
“Pengunjung pada libur tahun baru 2019 sebelum pandemi mencapai 3000 orang perhari berkunjung, namun saat ini 50% yang  berkunjung, ini atas pengaruh pembatasan pemerintah dimana orang lebih banyak memilih tinggal di rumah,” ucapnya.

Bagi anda yang akan menikmati suasana liburan di Kampung Karuhun, masih harus mempersiapkan surat vaksin atau memperlihatkan keterangan sudah vaksin di aplikasi peduli lindungi.

“Untuk masuk ke Kampung Karuhun tentunya pengunjung harus mempersiapkan aplikasi peduli lindungi atau surat bukti sudah di vaksin dan jika belum vaksin ada petugas puskesmas yang siap vaksin pengunjung,” ungkapnya.

Sementara itu Anissa (23) pengunjung asal kota Bandung mengaku menikmati suasana asri Kampung Karuhun Sumedang.
“Baru pertama kali kesini, tempatnya rame, banyak wahananya, saya dari Kiaracondong Bandung, diajakin kaka ke sini, enjoy banget tadi saya berenang di sungai sama foto-foto bareng keluarga, pokoknya rekomended banget,” ungkap Annisa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here