JURNALSUMA.COM.,BANDUNG – Puting beliung menerjang Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Kamis (30/12/2021) lalu. Sedikitnya, 292 rumah warga, mengalami kerusakan.

Undang Darmanto, salah seorang korban mengaku sempat melihat pusaran angin kecil dari bawah. Kemudian, membesar ke atas dan bergerak dari utara menuju selatan. Hingga akhirnya, menyapu atap rumah warga di perumahan Griya Utama.

“Rata-rata kerusakan rumah di bagian atap dari ringga sampai berat,” kata Undang, Jumat (31/12/2021).

Menurut Undang, peristiwa serupa pernah terjadi. Namun dampaknya tidak separah kali ini. Kejadian pertama, hanya menyebabkan kerusakan 78 rumah di RT 02 RW 20 Desa Rancaekek Wetan.

“Untungnya tidak disertai hujan. Harapan kita (saat ini, red) adanya bantuan,” harapnya.

Terpisah, Camat Rancaekek, Baban Banjar saat ditemui di kantornya mengatakan, angin puting beliung terjadi sekitar pukul 15.30 WIB, di dua titik. Diantaranya, Desa Rancaekek Kulon dan Rancaekek Wetan.

“Ini yang terdampak di Rancaekek Kulon sebanyak 51 rumah dan Desa Rancaekek Wetan 241 rumah. Total 292 rumah,” kata camat.

Dikatakan Baban, data warga terdampak bencana puting beliung, untuk sementara ini sebanyak 1.016 jiwa dari 254 kepala keluarga. Namun pihak kecamatan memastikan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“Kita juga sudah berkoordinasi dengan BPBD dan menunggu data yang lebih rinci. Dan hari ini akan dilakukan assesment,” ujar Baban.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here