JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Mendekati pergantian tahun, sejumlah komoditas bahan pokok di Pasar Kota Sumedang, mengalami kenaikan harga. Lonjakan paling signifikan, terjadi pada harga minyak curah, telur ayam dan cabai domba.

Lilis, salah seorang pedagang sembako di Pasar Kota Sumedang menyebutkan, kenaikan harga sejumlah komoditas sudah terjadi sejak dua minggu terakhir. Telur ayam ras yang biasanya seharga Rp.25 ribu, naik menjadi Rp 33 ribu per kilogram. Kemudian harga minyak goreng kemasan dari Rp.35 ribu, menjadi Rp.41 ribu per kilogram.

Kenaikan harga, terjadi juga pada minyak goreng curah. Biasanya Rp.16 ribu, kini menjadi Rp.20 ribu per kilogramnya. Yang paling parah, naiknya harga pada cabai domba, dari harga normal Rp.30 ribu, tembus sampai Rp.125 ribu per kilogram.

“Semua juga pada naik, kopi-kopi juga naik. Omzet otomatis jadi turun,” katanya, Senin (27/12/2021).

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Sumedang, Hari Tri Santosa mengatakan, kenaikan harga bahan pokok terjadi pada momen Natal dan tahun baru. Meski sejumlah komoditas mengalami kenaikan, namun Hari memastikan ketersediaan sembako di Sumedang aman.

“Kami sudah membentuk tim, nanti kami akan cek ke pasar-pasar, karena memang ketersediaan bahan pokok sampai saat ini masih aman,” ujarnya.

Hari mensinyalir kenaikan seperti pada cabai dan minyak goreng curah dikarenakan harga bahan bakunya yang naik. Kenaikan harga bahan pokok, kata Hari, terjadi di semua pasar wilayah Sumedang.

“Ini merata di 3 UPTD di 8 pasar di Kabupaten Sumedang, ada beberapa bahan pokok yang naik. Mudah-mudahan secara umum stoknya aman,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here