JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Upaya percepatan vaksinasi terus dilakukan Pemerintah, salah satunya dengan vaksinasi Door to Door yang dilakukan UPT. Puskesmas Situ, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis, (23/12/2021).

Para tenaga vaksinator dari Puskesmas Situ didampingi Bhabinkamtibmas dan Babinsa, melakukan jemput bola vaksinasi Covid-19 secara door to door dengan mendatangi rumah warga di Desa Jatihurip, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang.

Vaksinasi door to door ini dilakukan, karena masih banyak warga yang belum menjalani vaksin dengan berbagai alasan.

Kepala UPT Puskesmas Situ, Ratna Wulan mengatakan, selain untuk meningkatkan angka partisipasi masyarakat dalam vaksinasi. Melalui vaksinasi door to door juga dapat dilakukan edukasi langsung dan mengetahui alasan masyarakat yang enggan menjalani vaksin.

“Setelah kita kunjungi ada beberapa alasan yang sebetulnya klasik yang tidak masuk diakal,” kata Wulan.

Dalam hal ini, kata Wulan, pihaknya tetap berupaya semaksimal mungkin dengan memberi penjelasan dan pemahaman. Meski tidak dapat memaksa jika ada penolakan dari masyarakat dengan berbagai alasan yang mereka sampaikan.

“Fungsi kita adalah memberikan pelayanan, kalau ada penolakan itu haknya mereka, yang terpenting kita sudah memberikan pelayanan sebaik-baiknya,” ucap Wulan.

Sementara itu salah seorang warga penerima vaksin, Eva Ridhollohi mengatakan, penjelasan yang disampaikan langsung petugas saat vaksinasi door to door membuat dirinya yang awalnya mengaku takut karena ia memiliki riwayat penyakit.

“Jadi tenang pingin sehat, biar engga kena virus yang lain-lainnya,” ujar Eva.

Setelah menjalani vaksin, kata Eva, menyampaikan ajakannya kepada masyarakat yang punya alasan penyakit untuk tidak takut divaksin. Karena, sebelumnya akan dilakukan pemeriksaan oleh petugas.

“Kan kalau kunsultasi kemungkinan kita dikasih pengertian jadi kita engga merasa takut aman-aman saja,” ungkap Eva.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here