JURNALSUMA.COM.,MAJALENGKA – Peringati hari ibu 22 Desember 2021, SMKN 1 Kertajati Kabupaten Majalengka Jawa Barat, pesembahkan kesenian tari tradisional. Hal tersebut dilakukan sebagai apresiasi terhadap jasa para ibu, Rabu (22/12/2022).

Selain menampilkan seni tari jaipong, tari topeng, dan pencak silat. Dalam kesempatan tersebut juga di tampilkan beberapa permainan legendaris Nusantara seperti enggrang, Sondah dan Congkak.

Kepala Sekolah SMKN 1 Kertajati, Ida Hamidah Agustin mengatakan, selain untuk menghibur para guru dan siswa, kegiatan tersebut sebagai bentuk ekpresi kebahagian dan penghargaan atas jasa-jasa kaum ibu.

“Ini adalah persembahan dari siswa, sebagai hadiah untuk para ibu guru dihari ibu,” kata Ida.

Lantunan musik yang mengiringi lembut gemulai gerakan penari, seolah menjadi simbol yang mengekspresikan sifat lemah lembut yang penuh kasih sayang dari seorang ibu.

“Lewat kesenian yang ditampilkan, kami coba beri pemahaman kepada siswa untuk bertutur lembut, sabar dan sungguh-sungguh,” ucapnya.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut juga digelar lomba hias nasi tumpeng. Dengan peserta ibu-ibu guru yang dinilai langsung oleh kepala sekolah.

“Kita juga lakukan potong tumpeng yang dipersembahkan dari para ibu guru, kepada kepala sekolah. Dan dari siswa juga kepada para ibu guru sebagai bentuk syukur dan ucapan terimakasih,” ujar Ida.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here