JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Tiga alat berat, dikerahkan membantu evakuasi sampah di pesisir perairan Waduk Jatigede, Blok Cibungur, Desa Sukaratu, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Senin (20/12/2021).

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung, Ismail Wadadi mengatakan, pihaknya telah menjadwalkan secara berkala pembersihan sampah Waduk Jatigede, secara besar-besaran. Yakni, pertiga bulan, disamping pembersihan rutin yang dilakukan petugas.

“Jadi memang jadwanya bulan Maret, Juni, September, Desember. Jadi kalau diluar bulan itu, biasanya kotor,” kata Ismail di lokasi pembersihan.

Selain disebabkan banyaknya sampah yang sebagian besar merupakan kiriman dari hulu Cimanuk, adanya sejumlah warung terapung, kata Ismail, membuat perairan Jatigede terlihat kumuh tidak terawat.

“Kalau untuk kualitas air waduk dengan sampah ini tidak terganggu. Justru masyarakat sekitar harusnya merasa terganggu, selain kumuh dan kotor, juga aromanya menyengat,” ucap Ismail.

Diperkirakan, sampah di perairan Waduk Jatigede ada sekitar 20.000 ton. Sementara Ismail menyampaikan, pihak BBWS sendiri menargetkan dapat membersihkan 2.000 ton sampah perhari.

“Jangka panjangnya kita mengajak semua untuk ikut dalam penanggulangan sampah termasuk kesadaran masyarakat agar sama-sama ikut menghargai kebersihan waduk,” ujar Ismail.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here