JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Bentuk rasa syukur atas perbaikan ruas jalan kabupaten, puluhan warga dan aparatur Desa Cipanas Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang, melakukan sujud sukur dan makan tumpeng bersama di  jalan strategis ruas Babakan Caringin (BBC)-Sudimampir, yang baru diperbaiki, Minggu (18/12/2021). Bahkan sebelumnya, puluhan warga melakukan juga doa bersama.

“Ini sebagai bentuk rasa syukur kami atas perbaikan jalan BBC yang sudah puluhan tahun tidak tersentuh perbaikan,” kata Suherman, salah seorang warga Cipanas.

Suherman mengapresiasi juga kepada Pemerintah Desa Cipanas, yang sudah memperjuangkan perbaikan jalan. Dia berharap dengan bagusnya kondisi jalan akan berdampak baik bagi perekonomian masyarakat.

“Terima kasih juga kepala Pemda Sumedang, pak bupati, pak gubernur, yang sudah memperbaiki jalan Sudimampir-BBC ini,” ujarnya.

Kepala Desa Cipanas, Moh. Asep Lantipan mengatakan, alasan warga melampiaskan rasa syukurnya itu sangat beralasan, lantaran ruas jalan BBC-Sudimampir sudah puluhan tahun kondisinya rusak. Namun sekarang kondisinya mulus setelah dihotmiks.

Seperti diberitakan sebelumnya, setelah puluhan tahun tidak tersentuh perbaikan, warga Desa Cipanas Kecamatan Tanjungkerta bersyukur karena kini ruas jalan kabupaten di wilayah Desa Cipanas kini sedang dihotmiks.

Asep mengatakan kondisi rusaknya jalan ini sudah 20 tahun lebih. Saat ini peningkatan jalan sedang berjalan tahap pertama, sepanjang 2,3 kilometer. Total jalan yang akan ditingkatkan sepanjang 6,1 kilometer, dari Babakan Caringin hingga Sudimampir.

“Saat ini tahap pertama, informasi dari PU (Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Sumedang) 2,3 kilometer. Bulan (Desember 2021) ini semua jalan kabupaten di Cipanas dihotmiks,” ujarnya.

Asep mengatakan, peningkatan ruas jalan sangat didambakan warga sejak dulu. Jalan tersebut merupakan jalan strategis bagi warga Desa Cipanas, baik yang ingin ke Sumedang kota, maupun ibukota kecamatan.

“Ini kan jalan utama warga kami, kalau jalannya bagus sangat bermanfaat karena disini sentra kerajinan tangan, dan ada tempat wisata juga. Kalau jalan jalan bagus maka ekonomi juga akan lancar,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here