JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Setelah ramai diperbincangkan masyarakat, lautan sampah di Perairan Waduk Jatigede di blok Cibungur, Desa Sukaratu, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat akhirnya dibersihkan, Minggu (19/12/2021).

Pantauan di lapangan, petugas gabungan dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, Satker, BPBD dan BBWS Cimanuk Cisanggarung mulai membersihkan berbagai jenis sampah dikeruk dengan menggunakan alat berat Ekskavator. Kemudian, dimasukan ke truk sampah untuk diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Sebelumnya, sampah tersebut mengambang di Perairan Waduk Jatigede dan dikeluhkan warga setempat. Karena, selain mengganggu keindahan waduk, sampah itu juga tercium bau tak sedap.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan, pembersihan sampah secara besar-besaran baru akan dilakukan mulai esok hari Senin. Rencananya, akan ada tambahan alat berat berupa Amfibi dan perahu turbo kapasitas 3 Ton.

“Pada hari Sabtu juga kita sudah mulai melakukan pembersihan, dengan gunakan alat meski skalanya masih kecil,” kata Dony.

Dikatakannya, untuk penanganan sampah terlebih dahulu akan dilakukan analisis kebutuhan alat dengan sampah yang ada, serta bagaimana menampung lalu memindahkannya ke tempat pembuangan.

“Jadi Insya Allah mulai Senin kita besar-besaran, kurang lebih ada 100 sampai 200 personil dari pemerintah daerah, BPBD, Satpol PP, TNI, Polri, Pol Air, Karang taruna, Ormas, untuk ikut membersihkan sampah,” katanya.

Untuk mencegah tumpukan sampah yang terbawa arus sungai Cimanuk semakin menumpuk di perairan Jatigede, kata Dony, rencana kedepan pembersihan akan dilakukan secara kontinyu.

“Tentunya budaya masyarakat untuk sama-sama tidak membuang sampah sembarangan baik yang adadialiran sungai maupun yang ada di muara,” ujar Dony.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here