JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Warga Lingkungan Pandai RW 01, Kelurahan Regol Wetan, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, bergotong royong membersihkan material tanah dan sampah, yang menutupi saluran drainase.

Kurangnya perawatan dari pemerintah, sering kali mengakibatkan banjir, saat hujan turun. Tumpukan sampah, membuat drainase sejajar dengan tanah.

Menurut salah seorang warga Lingkungan Pandai, Suwarto, kondisi ini sudah cukup lama terjadi dan tidak ada perhatian dari pemerintah. Saat musim hujan seperti ini, sering kali air masuk ke pemukiman warga akibat dangkalnya drainase.

“Kalau hujan, ya airnya masuk juga ke pemukiman, karena drainasenya mampet,” kata Suwarto.

Warga, kata Suwarto, berusaha melakukan pembersihan drainase, untuk mengantisipasi terjadinya banjir. Terlebih, saat ini curah hujan masih cukup tinggi.

“Warga gotong royong antisipasi banjir yang sering terjadi,” ucapnya.

Warga berharap, dengan melakukan kegiatan gotong royong, dapat meminimalisir terjadinya banjir. Serta adanya perhatian dari pemerintah, terkait kondisi yang dialami warga.

“Mudah-mudahan pemerintah dapat turun tangan langsung dan adanya pengawasan khusus terhadap kondisi drainase yang ada,” ujar Suwarto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here