JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Warga Blok Cibungur Desa Sukaratu Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, keluhkan banyaknya sampah di perairan Waduk Jatigede.

Akibatnya, pengunjung yang datang, kian berkurang. Warga yang menggantungkan hidupnya di Waduk Jatigede, mengaku kesulitan dalam mencari nafkah.

Salah seorang pedagang di kawasan Jatigede, Yayah menuturkan, semenjak pesisir Waduk Jatigede di Blok Cibungur dipenuhi sampah, wilayahnya menjadi kumuh dan tidak enak dipandang.

“Pengunjungnya berkurang, kadang sepi. Penghasilannya jadi sedikit,” kata Yayah, Jumat (17/12/2021).

Warga lainnya, Acim mengatakan, berbagai jenis sampah mulai dari sampah rumah tangga, bekas kemasan makanan, plastik hingga kayu dan bambu, berasal dari Sungai Cimanuk yang berasal dari Garut. Kondisi ini, diakui Acim, sangat mengganggu dan mencemari lingkungan sekitar.

“Ya terganggu, jadi kelihatan jelek, jadi kotor,” ucap Acim.

Hal sama diakatan Asep. Selain mengeluarkan bau tidak sedap, tumpukan sampah mengakibatkan sejumlah perahu kesulitan bersandar. Bahkan tak jarang mengakibatkan baling-baling perahu patah.

“Sampah di sini juga tiap harinya bertambah,” kata Asep.

Warga berharap, ada upaya dan solusi dari pemerintah maupun Satker Jatigede, untuk segera menangani masalah sampah yang terjadi di Jatigede.

“Yang bersih-bersih kan cuma orang-orang di sini. Harapannya, ya tolonglah pemerintah segera turun tangan,” ujar Asep.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here