JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Warga Blok Awi Lega, Dusun Tonjong, Desa Hariang, Kecamatan Buah Dua, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat dihebohkan dengan pohon pisang unik yang berbuah hingga 5 tandan. 

Tak hanya itu, pohon pisang milik salah seorang warga bernama, Jaja juga ada yang tumbuh dua tandan dan dua jantung. Dalam satu pohon bahkan, jenis pisang muli memiliki keunikan lain meski sudah di tebas namun tetap berbuah. 

Menurut pemilik pohon pisang, Mang Jaja mengatakan, dirinya tidak menyangka jenis pisang ambon hijau yang ditanamnya akan memiliki keunikan, dan tumbuh tidak lazim yang berbuah hingga lebih dari satu tandan. 

“Yang satu tumbuh, dua itu duluan yang satunya lagi lima,” kata Jaja. 

Dikatakannya, sejak pertama kali ditanamnya bibit pohon pisang tersebut, tumbuh normal dan tidak menunjukan tanda-tanda keanehan. Bahkan, satu pohon pisang jenis muli yang sudah di tebas tetap tumbuh dan berbuah.

“Awalnya tumbuh normal, sampai sekarang itu tumbuhnya sudah satu bulan,” ucap Jaja. 

Sementara itu menurut Kepala Desa Hariang, Karma Adi, ketiga pohon pisang unik itu tumbuh dalam satu area di kebun seluas 1.400 meter persegi.

“Ini memang menjadi unik dan aneh, dimana pohon pisang tumbuh dan keluar jantungnya 2 dan 5,” ucap Karma. 

Karma menambahkan, kejadian serupa memang pernah terjadi namun hanya tumbuh 2 tandan saja. Sementara untuk pisang yang tumbuh hingga 5 tandan ini merupakan yang pertama kalinya ada di Desa Hariang. 

“Kalau yang 2 memang sudah ada di Dusun Curug cuma memang jenisnya saja yang berbeda,” kata Karma.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here