Pemprov Jabar Salurkan Bansos PSKS Senilai 1,9 M ke Sumedang

0

JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Kabupaten Sumedang, kembali mendapat bantuan sosial dari Pemprov Jawa Barat. Secara simbolis, bantuan diserahkan langsung Sekretaris Dinas Sosial Jawa Barat, Emma Siti Fatima kepada Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, di Gedung Negara, Senin (6/12/2021).

“Bansos yang diberikan berupa bantuan reguler untuk KUBE (Kelompok Usaha Bersama) sebanyak 6 KUBE. Lalu bantuan reguler untuk 2 Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS),” kata Emma.

Kemudian, bantuan untuk janda Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia (PKRI), bantuan dantuan dalam rangka Bansos PPKM untuk 16 LKS, dan bantuan melalui OPD terkait melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

“Ini merupakan bantuan pemberdayaan sosial Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS), totalnya hampir Rp 1,9 miliar,” ujarnya.

Sementara itu, bupati mengatakan, bantuan diberikan untuk meningkatkan pelayanan yang dilakukan oleh para pelaku LKS dalam memenuhi kebutuhan dasar sasaran.

“Bantuan diberikan karena sebagian besar pengurus LKS mengalami kesulitan dalam meningkatkan dan melaksanakan pelayanan kepada sasaran pada masa pandemi,” ujarnya.

Dikatakan, kesulitan para pelaku usaha KUBE dalam mengembangkan usahanya karena kegiatan produksi dan pesanan sangat terbatas, kesulitan dan berkurangnya omset pemasaran, serta sering mengalami kerugian mengakibatkan aset modalpun semakin berkurang.

Kata Dony, di Sumedang saat ini tercatat ada seorang janda PKRI atas nama Ibu Mariah, yang menjalani kehidupan sehari-harinya mengalami kesulitan, baik dalam memenuhi kebutuhan dasarnya, biaya pemeliharaan kesehatan.

“Mudahan-mudahan dengan bantuan ini akan terus, sebagai upaya ikhtiar bersama untuk mensejahterakan masyarakat. Terima kasih untuk Dinsos Jabar,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here