Poktan Mulya Mukti Terima 1.850 Bibit Pohon dari Dinas Kehutanan Jabar

0

JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Pemerintah Desa Sukapura Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, mendapat bantuan 1.850 bibit pohon dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat.

Penyerahan bibit melalui Perum Perhutani Sumedang kepada Kepala Desa Sukapura, untuk diserahkan kepada Kelompok Tani (Poktan) Mulya Mukti, Jumat (3/12/2021).

Ketua Kelompok Tani Mulya Mukti, Amin Kosasih mengatakan, bantuan bibit pohon yang diterima merupakan jenis pohon alba 250, suren 200, mahoni 400, akasia 400, trembesi/kihujan 50, bungur 100, jati bodas 200, afrika, 50, dan pucuk merah 200 bibit.

“Pohon-pohon dibagikan ke per orangan, dan akan ditanam para petani di Blok Ceba, Pasirmalaka, dan Cikadongdong. Karena di situ lahan kritis,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Sukapura, Dahman Rukmana mengatakan, ribuan bibit pohon tersebut rencananya akan ditanam di lahan kritis, sebagai upaya mencegah bencana longsor maupun banjir.

“Kebetulan sekaran musim hujan, jadi sangat cocok untuk penanaman pohon,” ujarnya.

Kades mengatakan, pihaknya juga mengajak masyarakat agar tidak menebang pohon yang masih kecil, dan menjaganya hingga tumbuh besar.

“Dengan menjaga pohon-pohon ini akan menjaga keseimbangan ekosistem di desa kami. Jika kita menjaga alam, maka alam akan menjaga kita,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here