JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Orang Terkena Dampak (OTD) pembangunan Jalan Tol Cisumdawu seksi 5, di Desa Cibereuyeuh, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, mengeluhkan sulitnya akses jalan menuju tempat relokasi mereka di Blok Kebon Kaler.

Pasalnya hingga kini, akses jalan ke tempat relokasi, masih berupa jalan tanah. Kondisinya, sulit dilalui, terlebih saat hujan turun.

Salah seorang warga terdampak tol, Erlan Samsudin menuturkan, kondisi ini sudah terjadi 2 tahun lalu sejak kawasan tersebut dijadikan relokasi permukiman warga. Meski warga sudah melaporkan kondisi ini ke pihak desa, namun hingga saat ini belum mendapat tanggapan.

“Aktivitas warga jadi terhambat jika ada hujan becek, licin, jadi kalau mau keluar harus nunggu kering dulu,” katanya.

Hal senada di sampaika salah seorang tokoh masyarakat setempat, H. Udin Hasanudin. Menurutnya, kondisi jalan yang tidak memadai di tambah dengan kondisi cuaca, membuat akses jalan tersebut sulit dilalui kendaraan. Baik roda dua maupun roda empat, dan tak sedikit warga terjatuh saat melintas kerena jalan yang licin.

“Jalan di sini belum memadai, kalau hujan jalan jadi sangat licin. Kadang kami juga sering terjatuh dari motor,” kata Udin.

Selain kondisi jalan, kata Udin, pasilitas-pasilitas lainya seperti air bersih sangat dibutuhkan. Warga berharap, kondisi ini segera ditangani pihak terkait.

“Karena kamipun sudah merelakan tempat kami. Sebab warga sudah merelakan lahan dan bangunannya demi kepentingan pembangunan,” ucapnya.

Sementara itu, Kasie Pemerintahan Desa Cibeureuyeuh, Dasep Hermawan mengatakan, pihaknya segera berkomunikasi dengan pihak terkait untuk memperbaiki jalan di permukiman warga terdampak tol.

“Sebelumnya kami sudah mengajukan permohonan ke Adhi Karya (pelaksana pembangunan Tol Cisumdawau Seksi 5), agar material bangunan digunakan untuk pengerasan jalan. Untuk selanjut akan kami lakukan lobi lobi dengan pihak terkait untuk pengerasan jalan secara permanen,” ujar Dasep.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here