Kades di Sumedang Harus Menjadi Pemimpin Transformatif, Ini Pesan Bupati

0

JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Para kepala desa harus menjadi pemimpin yang transformatif. Pemimpin harus membawa perubahan di daerah yang dipimpinnya.

Demikian disampaikan Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, saat membuka sekaligus memberikan arahan pada kegiatan Peningkatan Kapasitas Kepala Desa Masa Jabatan 2021-2027, di Hotel Kencana, Jln. Pangeran Kornel, Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Rabu (24/11/2021).

“Saya tekankan para kepala desa harus menjadi pemimpin harus transformatif, pemimpin yang harus melakukan perubahan terhadap masyarakatnya,” kata Dony.

Dikatakan, para kepala desa harus memberikan kemajuan pada desanya masing-masing. Para kepala desa, juga harus punya integritas.

“Pemimpin yang harus punya integritas, punya kejujuran, punya sikap yang baik dalam melayani masyarakat,” ucapnya.

Kemudian, kata Dony, para kepala desa juga harus mempunyai keinginan berprestasi, dan mewarisi desa yang maju saat sudah tidak lagi menjadi kepala desa.

“Tingkatkan indeks kepuasan masyarakat. Dengan desanya maju itu merupakan warisan kadesnya bagi masyarakat,” tuturnya.

Bupati juga menekankan, para kepala desa agar bekerja dengan ikhlas, dan tidak mempersulit urusan masyarakat. Adapun, sebanyak 89 kepala desa yang baru saja dilantik mengikuti acara pembekalan tersebut, dan diharapkan dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan baik.

“Dengan kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan kapasitas para kepala desa dalam menjalankan roda organisasi di desanya, roda pemerintahan di desanya dalam melayani masyarakat dan menjalankan roda pembangunan,” ujarnya.

Dony mengatakan, dirinya mengapresiasi adanya kegiatan pembekalan tersebut, dan diharapkan dapat memberi semangat para kepala desa dalam menjalankan tugas di desanya masing-masing.

“Bekerja sesuai dengan aturan tapi penuh inovasi dan kolaborasi, yang akhirnya bermuara pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat di desanya,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here