JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Rumah milik Ading (55), warga Dusun Cinarengta RT 02 RW 06 Desa Sukamantri Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, ambruk pada Jumat (19/11/2021) kemarin.

Musibah itu, terjadi saat intensitas hujan tinggi, terjadi secara terus menerus di wilayah Sumedang. Akibatnya, Ading sekeluarga terpaksa mengungsi guna menghindari hal yang tidak diinginkan.

Disebutkan Ading, bagian dinding rumahnya mengalami retak. Bahkan keluar tetesan air dari langit-langit kemudian tembok ambruk.

“Diguyur hujan, air ke bawah menetes ke tanah, langsung roboh,” katanya, Sabtu (20/11/2021).

Saat kejadian, Ading tengah berada di ruang tengah. Sementara kedua anak beserta istrinya, berada di dalam kamar yang dindingnya ambruk.

“Yang rusak semua barang-barang, kena air basah-basah. Tapi alhamdulillah engga ada yang celaka,” ucap Ading.

Di tempat sama, Muhammad Ruhiat selaku tokoh masyarakat setempat mengatakan, ambruknya bagian pondasi beserta dinding rumah milik Ading, diduga akibat cuaca serta usia bangunan yang sudah tua.

“Kejadian setelah selesai shalat jumat (pukul 13.30 WIB) ada suara dan getaran, pas dilihat keluar rumah pak Ading sudah ambruk,” ujar Ruhiat.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun kondisi rumah yang mengalami kerusakan parah, terpaksa harus dikosongkan dan keluarga Ading diungsikan ke rumah kerabat terdekat.

“Untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan, upaya evskuasi penghuni rumah beserta barang-barang berharga telah dilakukan ke tempat yang lebih aman,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here