JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Dua pohon pinus, tumbang dan menutup ruas jalan Nasional Bandung-Sumedang, pada Rabu (17/11/2021) petang kemarin.

Tepatnya, di Blok Cigendel, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, setelah hujan deras disertai angin kencang mengguyur wilayah Sumedang.

Tumbangnya dua pohon pinus di lahan perhutani, mengakibatkan lalu lintas kendaraan dari kedua arah, tersendat. Sehingga dilakukan buka tutup arus oleh petugas, selama proses evakuasi berlangsung.

Saksi mata di lokasi kejadian, Amir mengatakan, selain dua pohon pinus yang tumbang, hujan disertai angin merobohkan juga pohon bambu dan sempat menimpa kendaraan yang melintas.

“Kena pohon bambu motor sama mobil tetapi langsung pergi lagi enggak kenapa-napa,” katanya.

Sementara itu, Kepala Resort Pemangku Hutan Wilayah Rancakalong, Suryana mengatakan, selain akibat hujan disertai angin kencang, pohon tumbang akibat kondisi pohon yang sudah lapuk karena termakan usia.

“Kita langsung melakukan pengamanan dengan mengevakuasi 2 pohon yang roboh kejalan,” ucapnya.

Dikatakannya, pihaknya juga menyampaikan himbauan agar lebih berhati-hati kepada pengguna jalan saat melintas mengingat adanya pohon-pohon yang sudah lapuk di sepanjang jalur tersebut.

“Antisifasi pohon tumbang kita lakukan pendataan yang jumlahnya ada 8 pohon yang akan diamankan untuk ditebang,” ujar Suryana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here