JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Satlantas Polres Sumedang menggelar Operasi Zebra Lodaya 2021, bertempat di kawasan jalan Taman Endog, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (16/11/2021). Dalam operasi kali ini, Satlantas Polres Sumedang membagikan helm gratis kepada pengguna jalan.

Pantauan di lapangan, para pengendara sepeda motor yang melintas di kawasan Taman Endog, mendapatkan helm gratis dari pihak kepolisian. Bagi-bagi helm secara gratis ini dilakukan saat operasi zebra lodaya 2021.

Salah seorang pengendara sepeda motor, Mia mengaku kaget saat
diberhentikan petugas kepolisian. Lantaran, dirinya merasa bersalah karena yang di boncengnya tidak menggunakan helm.

“Iya awalnya kaget, namanya juga melanggar. Namun setelah tau itu merupakan acara bagi-bagi helm, dalam rangka Operasi Zebra Lodaya 2021. Kegiatannya bagus, jadi mereka yang tidak punya helm jadi punya helm,” kata Mia.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Sumedang, AKP Kiki Hartaki menyampaikan, kegiatan bagi-bagi helm gratis bagian dari Operasi Zebra Lodaya 2021. Dalan rangka mengedukasi masyarakat tentang pentingnya keselamatan.

“Operasi Zebra Lodaya 2021, kami melakukan kegiatan preventif dan edukasi terhadap masyarakat, dengan pembagian helm secara gratis kepada masyarakat, pengguna jalan yang memang mendesak, tak sempat membawa helm,” kata AKP Kiki.

Kiki mengimbau kepada masyarakat, agar tetap menjaga dan menerapkan protokol kesehatan, di tengah pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung.

“Selain itu masyarakat juga diimbau untuk tetap tertib berlalu lintas. Terutama penggunaan helm, baik yang mengendarai kendaraan atau pun yang dibonceng,” ucapanya.

Dalam pelaksanaan operasi Zebra Lodaya 2021 kali ini, kata Kiki, tidak ada penilangan bagi mereka yang melanggar berlalu lintas. Meski demikian, petugas tetap akan melakukan penindakan berupa teguran secara humanis.

“Kami harapkan masyarakat benar-benar dapat mematuhi aturan berlalu lintas,” ujarnya.

Tak hanya memberikan helm gratis, dalam kesempatan itu Satlantas Polres Sumedang juga membagikan masker gratis kepada masyarakat. Ini dilakukan sebagai upaya mengajak masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan, sebab Covid-19 masih ada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here