JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Hujan deras disertai angin kencang, membuat dua pohon besar di pinggir Jalan Raya Sumedang-Wado, tumbang menutup jalan pada Selasa (16/11/2021) siang sekitar pukul 13.30 WIB.

Terpatnya, di kawasan Dusun Kebon Kalapa Desa Rancamulaya Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat, hingga menyebabkan kemacetan.

Menurut Yudi, salah seorang warga yang memiliki warung di samping pohon tumbang menyebutkan, dirinya sempat melihat angin besar beputar. Yudi juga, sempat berteriak bahwa ada angina puting beliung.

“Saya lari ke belakang ngasih tahu istri, takutnya pohon gede ini nimpa warung saya. Saya lihat (di sebrang) pohon roboh dan nimpa yang satu lagi,” katanya.

Saksi lainnya, Ramdan (23) yang tengah berjaga di pom bensin mini menyampaikan, pohon tumbang terjadi saat hujan disertai angin. Beruntung, pohon tumbang tidak sampai roboh ke tempatnya bekerja.

“Saya juga lagi di dalam, nunggu pelanggan beli. Tiba-tiba hujan, angin besar, pohon besar ini jatoh. Tidak ada korban, tidak ada luka sih, Alhamdulillah. Paling material saja, pagar. Jalan juga kosong, lagi angin besar lagi hujan,” jelasnya.

Petugas BPBD Sumedang yang tiba di lokasi, langsung mengevakuasi kedua pohon tumbang, dengan cara memotong batang dengan gergaji mesin.

Seperti dikatakan Komandan Regu Tim BPBD Sumedang, Wawan HG. Pihaknya menerima laporan tiga pohon tumbang di dua titik di wilayah Sumedang Utara.

“Kita menerima laporan dari grup WA, ada kejadian (pohon tumbang) pas waktu hujan. Laporannya pukul dua lebih 15 menit, kita langsung meluncur dan melakukan evakuasi,” tuturnya.

Dalam kejadian ini, tidak mengakibatkan korban jiwa maupun luka. Namun arus lalu lintas di kedua arah, mengalami kemacetan karena tidak bisa dilalui kendaraan.
“Lalulintas terputus sementara karena pohon tersebut lumayan besar. Roda dua pun tidak bisa lewat. Dan kendala sementara tidak ada,” tukasnya.

Pantauan di lapangan, pohon yang awalnya menutup jalan raya penghubung wilayah Kota Sumedang dan Wado, dapat dilalui lagi kendaraan, setelah petugas terus berusaha memotong pohon tumbang tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here