JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Sebuah Tembok Penahan Tebing (TPT) di Dusun Sembir RT 4 RW 9 Desa Gunasari Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat, ambruk menimpa rumah.

Peristiwa TPT ambruk, terjadi setelah hujan deras menggujur wilayah tersebut pada Minggu (14/11/2021) sore tadi. Satu orang, meninggal dunia akibat tertimpa reruntuhan material TPT.

Kepala Desa Gunasari, Muhtar mengatakan, kejadian TPT ambruk terjadi begitu cepat hingga membuat pemilik rumah, Eni (54) yang tengah berada di ruang tamu tidak dapat menyelamatkan diri.

Korban tertimbun material longsor di ruang tamu rumahnya. Atas kejadian itu, korban sempat dievskuasi warga setempat, namun nyawanya tidak tertolong.

“Terjadi sekitar pukul 16.30 WIB saat hujan deras. Tiba-tiba temboknya jatuh, kebetulan orang yang ada di rumah itu lagi duduk di kursi, keseret terus tertimbun,” kata Muhtar.

Warga, lanjut kades, sempat melakukan pertolongan terhadap korban yang tinggal bersama anaknya, sesaat setelah tembok amruk. Sementara sang anak, berhasil selamat.

“Posisinya sedang ada di ruang tengah rumah, dan yang ambruk itu kamar dan ruang tengah (tertimpa TPT),” ucap Muhtar.

Di tempat sama, Supervisor BPBD Kabupaten Sumedang, Rully Surya Sumantri mengatakan, pihaknya yang menerima laporan kejadian, segera menuju lokasi dan langsung melakukan assesment.

“Korban sedang berada di rumah dan tidak tahu kejadiannya, tiba-tiba TPT longsor. Sementara kondisi cuaca saat kejadian hujan lebat,” kata Rully.

Pihak BPBD, pun dengan segera melakukan evakuasi terhadap warga yang rumahnya terancam, serta memasang garis polisi di sekitar lokasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here