JURNALSUMA.COM.,MAJALENGKA – Tak hanya dikenal sebagai daerah produsen genteng, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, memiliki jenis kesenian. Yakni, Rampak Genteng yang wajib dilestarikan sebagai warisan budaya. 

Kesenian Rampak Genteng merupakan jenis kesenian yang memainkan alat musik dari genteng atap rumah atau gamelan yang terbuat dari tanah liat. Kesenian ini, diciptakan sebagai bentuk penghormatan kepada para leluhur yang digelar tiga tahun sekali. 

Untuk melestarikannya, festival Rampak Genteng kali ini, diikuti sekitar 1.000 peserta yang melibatkan 30 instansi dinas, siswa dan siswi sekolah tingkat SD sampai SMA di Kabupaten Majalengka. 

Direktur Infrastruktur Ekonomi Kratif, Hariyanto mengatakan, Festival Rampak Genteng sudah digelar untuk ketiga kalinya, berdasarkan gagasan dan dukungan masyatakat, yang ingin memperkenalkan seni budaya asli Majalengka ke tingkat Nasional. 

“Majalengka melalui Jatiwangi Earth Festival masuk terkurasi sebagai festival dalam karisma event Nasional,” kata Hariyanto. 

Kabupaten Majalengka sendiri l, sejak Tahun 2019, sudah mendapatkan penetapan sebagai kabupaten kreatif di bidang seni pertunjukan satu dari 10 kabupaten di Indonesia. Dan untuk Rampak Genteng, sudah masuk kalender event Nasional. 

“Warga Majalengka patut bersyukur karena menjadi bagian dari dinamika pariwisata, budaya dan ekonomi kreatif secara baik,” ujar Hariyanto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here