JURNALSUMA.COM.,MAJALENGKA – Tenaga Kesehatan Puskesmas Sindang di dampingi Babinsa dan Bhabinkamtibmas di Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat, kembali melakukan jemput bola kepada warga untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Jemput bola dilakukan petugas, dalam upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat. Terutama para lansia dan penyandang disabilitas, untuk mendapatkan vaksinasi.

Kepala Puskesmas Sindang, Dede Suparjo dalam kesempatan tersebut mengatakan, dalam upaya mempercepat herd immunity, pihaknya dengan gencar terus melakukan vaksinasi, termasuk upaya jemput bola peserta vaksin.

“Kami dengan tim screening akan memilah untuk pasien-pasien dengan usia lanjut yang tidak bisa datang ketempat vaksin,” kata Dede, Selasa (9/11/2021).

Dikatakan Dede, pihaknya mendatangi langsung satu persatu peserta vaksin, yang masuk kategori, untuk dilakukan pemeriksaan kondisi kesehatan, sebelum dosis vaksin diberikan.

“Kalau memungkinkan, kita lakukan vaksinasi hari itu, kalau tidak memungkinkan kita lakukan observasi dulu,” ucap Dede.

Dede juga mengatakan, di Desa Indrakila, banyak lansia yang belum mendapatkan vaksinasi, karena tidak lolos uji screening akibat penyakit bawaan yang mereka derita.

“Dan rata-rata mereka kebanyakan sudah mengidap penyakit-penyakit sebelumnya. Contohnya gula tinggi, kencing manis, penyakit jantung dam hypertensi,” ujar Dede.

Selanjutnya Dede menyampaikan, dari data yang diperoleh, pencapaian vaksinasi bagi lansia di Kabupaten Majalengka per hari Senin (8/11/2021), baru sekitar 47.327 orang lansia dimana 37,37 persen untuk dosis pertama dan 12,768 persen untuk dosis kedua.

“Upaya jemput bola kami lakukan utuk memfasilitasi masyarakat dengan harapan mampuh mempercepat program pemerintah dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here