JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Dari 10 Penyakit Tidak Menular (PTM), penyakit Hipertensi menjadi salah satu penyakit yang banyak diidapat masyarakat.

Di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat, sasaran Hipertensi Tahun 2021, mencapai 248.173 orang. Dan hingga September 2021, sudah terjaring sebanyak 124.964 orang.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa pada Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Aan Sugandi mengatakan, Hipertensi merupakan salah satu yang masuk kedalam Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang Kesehatan. Semua penderita Hipertensi, harus dilayani secara maksimal.

“Hipertensi termasuk PTM, dan dalam Laporan Bulanan (LB1) dari puskesmas yang ada Kabupaten Sumedang, Hipertensi tercatat sebagai penyakit nomor satu terbanyak,” kata Aan disela sosialisasi terkait penyakit Hipertensi, Senin (8/11/2021).

Aan menuturkan, untuk jumlah sasaran hipertensi di Kabupaten Sumedang tahun 2021 ini, yaitu 248.173 orang. Dan sampai dengan bulan September 2021 sudah terjaring 124.964 orang atau 50,35 persen.

“Untuk target sasaran sendiri, di Desember ini kami menargetkan 80 persen sasaran,” ucap Aan.

Adapun penyebab hipertensi ini, sambung Aan, bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti pola makan yang tidak teratur, gaya hidup, serta Faktor keturunan dari orang tua.

“Faktor keturunan merupakan yang sering terjadi pada hipertensi ini,” jelasnya.

Seperti diketahui, dalam 10 tahun terakhir, penyakit tidak menular merupakan 7 dari 10 penyakit terbanyak di Indonesia, dan merupakan penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here