JURNALSUMA.COM.,MAJALENGKA – Setelah sempat tertunda akibat pandemi covid-19, Ritual Guar Bumi di Desa Pagandon Kecamatan Kadipaten Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat, akhirnya digelar, Kamis (4/11/2021).

Agenda rutin jelang masa musim tanam di Desa Pagandon ini, digelar sekaligus tausiyah dan doa bersama, peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW di GOR desa.

Kepala Desa Pagandon, Nana Suharna menyampaikan, Ritual Guar Bumi dilakukan sebagai bentuk harapan, agar musim tanam yang akan dating, para petani diberikan hasil panen yang melimpah.

“Kita laksanakan langsung dengan peringatan maulid Nabi. Mudah-mudahan keberkahan diturunkan ke bumi,” katanya.

Menurut kades, meski baru digelar kembali akibat pandemi covid-19, Ritual Guar Bumi yang menjadi ajang silaturahmi dan saling berbagi antara petani, dapat digelar dengan keterbatasan.

“Ritual Guar Bumi merupakan simbol dan renungan, bahwa manusia hidup dari tanah, hidup dan kembali ke tanah,” ucap Nana.

Dalam Ritual Guar Bumi sendiri, kata Nana, sejumlah warga datang membawa berbagai jenis makanan, yang kemudian dibagikan atau saling tukar satu sama lainnya.

“Ritual ini juga menjadi ajang saling berbagi antara warga, terutama hasil bumi dengan harapan diberikan keberkahan dan rezeki yang melimpah,” tuturnya.

Usai menggelar doa bersama dan saling tukar makanan, acara Ritual Guar Bumi ditutup dengan ritual cangkul sawah, yang dilakukan Kades Pagandon beserta Muspika dan tokoh ulama setempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here