JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Diduga mengalami konsleting, sebuah ekskavator terbakar di Jalan Ir. Soekarno kawasan Desa Cibeusi Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat, Kamis (4/11/2021).

Alat berat tersebut, terbakar saat memperbaiki jalan. Bertuntung, tidak ada korban dalam kejadian tersebut. Ian yang merupakan operator ekskavator, berhasil keluar sebelum api membesar.

Menurut pengakuan Ian, dirinya tidak mengetahui ada api di ekskavator yang dikemudikannya. Ian, diberi tahu terjadi kebakaran oleh sejumlah orang ada di sekitar lokasi kejadian.

Saat itu, Ian tengah menjalankan ekskavator untuk mengeruk bagian jalan yang tengah dalam proses perbaikan. Ekskavator mengeluarkan api pada bagian mesin, dan merembet ke kabin ruang operator.

“Kejadian sekitar jam 11, dan saya tidak tahu, hanya dikasih tahu saja oleh orang lain,” katanya.

Menurut saksi di tempat kejadian, Jejen, dirinya melihat percikan api pada bagian belakang mesin dan langsung membesar.

“Saya lihat api langsung membesar dan sopirnya langsung keluar,” ucap Jejen.

Sementara itu, anggota Damkar Cileunyi, Indra mengatakan, satu unit mobil pemadam kebakaran Cileunyi, diterjunkan kelokasi. Pihaknya berhasil memadamkan api sekitar 20 menit kemudian.

“Kita dapat laporan dari Pos Cileunyi jam 11 lebih 10, dan langsung menuju TKP untuk melakukan pemadaman,” kayanya.

Indra menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun pihaknya menduga, kebakaran terjadi akibat konsleting listrik mesin saat ekskavator beroperasi.

“Diduga terjadi percikan dari mesin, terus ada semburan dari kap, kemudian api membesar,” ujar Indra.

Meski tidak ada korban jiwa, kebakaran ekskavator sempat menyebabkan kemacetan arus lalu lintas dari arah Sumedang menuju Cileunyi Kabupaten Bandung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here