JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Sebuah pohon Teureup di area Makam Pasarean Gede Kelurahan Kotakulon Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat, tumbang menimpa empat rumah warga, pada Senin (1/11/2021) sore, sekitar pukul 16.00 WIB.

Satu diantaranya, rusak berat pada bagian atap. Sedangkan tiga rumah lainnya rusak pada bagian dapur. Beruntung dalam kejadian tersebut tidak sampai ada korban jiwa maupun luka. Namun kerugian akibat rusaknya rumah warga, ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Menurut M. Soleh (57) yang rumahnya rusak berat menyebutkan, kondisi cuaca baru diguyur hujan, namun tidak ada angin kencang.

“Saya sedang nurunin sepeda, nggak ada angin nggak ada hujan, tiba-tiba pohon ambruk begitu saja,” kata Soleh, di lokasi kejadian.

Saat kejadian juga, kata Soleh, seorang cucunya tengah tidur di kamar. Soleh lantas berlari ke kamar untuk menyelamatkan cucunya yang masih balita.

“Cucu saya lagi tidur di dalam, pas saya lihat batang pohon sudah tembus ke kamar. Rumah habis, sudah tidak ada yang bisa dipungut, paling sekarang saya pasrah saja,” ujarnya.

Sementara itu, Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang turun bersama unsur TNI, Polri dan warga, untuk mengevakuasi pohon yang menimpa rumah warga. Data dari BPBD, empat rumah terdampak akibat pohon tumbang tersebut.

“Kami terima laporan pohon tumbang pukul 16.20 WIB. Adapun empat rumah terdampak rusak di bagian atapnya, satu rumah rusak berat,” kata Supervisior BPBD Kabupaten Sumedang, Ruly Surya Sumantri.

Rumah yang terdampak diantaranya dihuni Ujang Oom terdiri dari satu KK lima jiwa, rusak pada bagian dapur. Kemudian M. Soleh berisikan tiga KK sembilan jiwa, rusak pada seluruh bagian rumah. Junaedi berisikan dua KK enam jiwa, rusak di bagian dapur. Dan terakhir rumah Dadan berisikan lima jiwa, rusak di bagian dapur. Seraya menyebutkan, pohon tumbang diperkirakan karena dimakan usia dan akarnya sudah lapuk.

“Upaya yang kami lakukan adalah mengassesment lokasi kejadian dan melakukan penanganan pembersihan material pohon tumbang. Sementara untuk keluarga atas nama Soleh di evakuasi ke rumah tetangga,” ucapnya,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here