JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Tempat Pemungutan Suara (TPS) 02 Desa Galudra Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat, memiliki cara unik untuk mengundang antusias warga, agar memberikan hak pilih dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021, Rabu (27/10/2021).

Dengan mengusung tema kearifan lokal, TPS 02 Desa Galudra, dihias dengan memajangkan hasil bumi dan makanan khas Desa Galudra. Seperti kicimpring, rengginang, opak, labu air, pisang dan jeruk.

Menurut Panitia Pilkades, Ragen Gunawan, pihaknya berusaha menjaga dan mengenalkan budaya kepada masyarakat, yang salah satunya dengan membuat desain TPS seunik mungkin.

“Budaya daerah setempat dan kearifan lokal dari Desa Galudra, tetap kita angkat. Itu adalah budaya agraris yang sebagian besar masyarakatnya sebagai petani,” kata Ragen.

Desain unik pada TPS 02 ini, kata Regan, sengaja dibuat untuk menarik antusiasme masyarakat, agar datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya.

“Masyarakat pemilih semua bahagia, menikmati dan menjalankan momen demokrasi yang memang harus disambut dengan kebahagiaan,” ucap Ragen.

Sementara itu, Wida salah seorang pemilih setempat sangat mengapresiasi keunikan yang ada di TPS 02 Galudra.

Disamping itu, penerapan protokol kesehatan, tetap didijankan dengan baik.

“Bagus unik ada Makanan-makananny prokesnya juga ketat,” ujar Wida.

Seperti diketahui, dari 270 total desa yang ada di Kabupaten Sumedang, pada Rabu (27/10/2021) hari ini, ada 89 desa yang menggelar pilkades secara serentak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here