JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Guna mengamankan jalannya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak pada Rabu 27 Oktober 2021, sebanyak 30 personil gabungan di Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat, siap diterjunkan.

“Untuk monitoring pengamanan Pilkades di wilayah Jatigede jumlahnya 30 personil, terdiri dari unsur Polri, TNI, dan Satpol PP, berikut staf kecamatan,” kata Kasi Trantib Kecamatan Jatigede, Dodi Suryadi disela Apel Gabungan Pengamanan Pilkades Serentak 2021 di Kecamatan Jatigede, Senin (25/10/2021).

Jumlah personel sebanyak itu, kata Dodi, akan disebar di 8 desa yang akan menggelar Pilkades Serentak. Apalagi Jatigede, menjadi kecamatan yang paling banyak menggelar pilkades. Diantaranya Desa Cijeungjing, Kadujaya, Karedok, Cipicung, Lebaksiuh, Kadu, Mekarasih dan Jemah.

“Selain memastikan kondusifitas, keamanan dan ketertiban, kami juga memastikan saat pemungutan suara nanti berjalan dengan prokes ketat,” ujarnya.

Terpisah, Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir mengimbau agar pelaksanaan Pilkades Serentak aman dari covid. Pelaksanaan Pilkades Serentak nanti, wajib menerapkan prokes ketat agar bebas dari penyebaran covid.

“Panitia pilkades wajib memastikan panitia pilkades, KPPS, calon kades, dan saksi sudah mendapatkan vaksinasi, minimal dosis pertama,” kata Dony.

Tak sampai di situ, Dony juga mengimbau kepada masyarakat yang memliki hak suara namun belum divaksin, untuk segera mengikuti vaksinasi.

“Masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya diimbau sudah mendapatkan vaksinasi, minimal dosis pertama,” katanya.

Bupati mengatakan, guna meningkatkan capaian vaksinasi saat pemungutan suara, Dinas Kesehatan, serta urusan kesehatan (Urkes) Polres, Kodim, dan Brimob Polda Jabar menyiapkan gerai vaksinasi di desa yang menggelar Pilkades serentak.

“Pilkades Serentak harus berjalan aman, damai, kondusif, juga aman dari Covid-19. Vaksinasi Covid-19 dilaksanakan di desa yang akan melaksanakan Pilkades Serentak, dan wajib menerapkan protokol kesehatan,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here