JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Seorang pemancing yang dilaporkan tenggelam pada Sabtu (23/10/12021) di perairan Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, hingga Minggu (24/10/2021) siang masih belum ditemukan. 

Tim SAR gabungan dari Basarnas, BPBD, dan Polairud Polres Sumedang masih terus melakukan proses pencarian, di kawasan Dusun Munjul Desa Sukamenak Kecamatan Darmaraja. 

Tim SAR gabungan, membuat arus ombak menggunakan perahu motor dititik korban tenggelam. 

Menurut saksi mata di lokasi kejadian, Utis Sutisna, saat kejadian, dirinya sedang membetulksn rakit dan melihat korban bernama Dedi (45) warga Limbangan Kabupaten Garut, sedang memancing bersama keponakannya, Muhammad Reza (26).

“Kebetulan saya lagi betulin rakit saya, tiba-tiba ada dua orang. Dikirainnya bercanda berenang di lokasi yang tidak terlalu dalam,” kata Itis. 

Saat itu, korban sempat berenang dari rakit ke tepian untuk mencari tutut. Namun, lanjut Utis, korban diduga kelelahan saat sedang berenang. 

“Keduanya berenang mencari tutut, yang satu sudah sampai ke pinggir yang satunya belum sampai. Dia (Muhammad Reza) balik lagi mau nolongin temennya, tapi mungkin keburu lemes keburu tenggelam tidak sempat tertolong,” ucap Utis. 

Sementara itu, Komandan Tim Basarnas Kantor SAR Bandung, Syahrir mengatakan, upaya pecarisn dilakukan tim SAR gabungan dengan teknik water circle menggunakan tiga perahu motor dari Basarna, BPBD, dan Polairud Polres Sumedang. 

“Untuk upaya pencarian hari ini, kita melakukan penyisiran di lokasi korban tenggelam menggunakan tiga perahu,” kata Syahrir. 

Syahrir menbahkan, banyaknya ranting di bawah permukaan air, menjadi kendala yang dialami Tim SAR dalam melakukan pencarian korban. 

“Untuk kendala sendiri di lapangan, karena di bawah itu banyak pohon yang berduri, perahu terkadang nyangkut di pohon,” ujar Syahrir. 

Hingga berita ini di turunkan, proses pencarian oleh Tim SAR gabung, masih berlangsung di sekitar lokasi terakhir korban dilaporkan tenggelam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here