JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini akan ikut membantu rencana penataan kawasan Makam Cut Nyak Dien, di Gunung Puyuh Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat.

Hal itu disampaikan Risma -sapaan akrab- Tri Rismaharini, disela melakukan agenda kunjungan kerja ke Kabupaten Sumedang, sekaligus melakukan ziarah ke Makam Pahlawan Cut Nyak Dien, Jumat (22/10/2021).

“Iya tadi cerita sama pak bupati, memang ada rencana dari daerah untuk membuat master plan penataan kawasan makam ini. Nanti kita lihat lah design-nya, mudah-mudahan kami (Kementerian Sosial) bisa membantu, dengan anggaran terbatas. Kita mencoba bagaimana untuk menandai makam-makam pahlawan,” kata Risma didampingi bupati, ketua DPRD Sumedang dan yang lainnya.

Penataan kawasan Makam Cut Nyak Dien yang dimungkinkan melakukan pembebasan lahan karena akan membuka jalur baru, Risma akan memastikan terlebih dahulu rencana dari daerah. Pihaknya, tidak dapat memutuskan hal itu, dan perlu diskusi dengan pemerintah dari Aceh atau pun tokoh lainnya.

“Enggak bisa sendiri, Makam Cut Nyak Dien ini milik bersama. Seluruh bangsa Indonesia,” tuturnya.

Risma menambahkan, pihaknya juga akan berupaya melakukan penataan dengan mulai menyisir makam-makam pahlawan Nasional yang tersebar di setiap daerah.

“Coba nanti kita sisir, kalau dari Aceh sampai ke Papua, kira-kira kita bisa ketemu berapa. Kita berkunjung ke para pahlawan yang dimakamkan di beberapa daerah saat mereka diasingkan,” ucap Risma.

Disamping itu, Mesnos Risma menyampaikan, kunjungan kerja yang dilakukannya dengan cara berziarah ke makam pahlawan Nasional asal Aceh, menjadi salah satu cara dalam memberi contoh dan mengedukasi generasi muda tentang arti perjuangan.

“Awalnya itu, kita pengen anak-anak muda mengerti, bahwa kemerdekaan ini diraih bukan pemberian. Tetapi dengan perjuangan panjang tokoh-tokoh pejuang, yang bergerak untuk merdeka, tidak mau dijajah,” tutur Risma.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here